Edisi 05-10-2015
PKL Purnawarman Ditertibkan


BANDUNG– Pemkot Bandung berencana melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Purnawarman dengan merelokasi mereka ke beberapa kawasan perdagangan di sekitar lokasi tersebut.

Untuk tahap awal, Pemkot akan me ngumpulkan terlebih da hu - lu para pemilik usaha atau per - kan toran di kawasan tersebut, ag ar mau menampung sekitar 100 PKL. “Perusahaan Daerah me nyampaikan progres ko od i - na s i penertiban PKL di Jalan Purnawarman,” ucap Wakil Wali Ko ta Bandung Oded M Danial di Ba lai Kota Bandung kemarin. Menurut dia, penertiban PKL di Purnawarman melihat ba nyaknya keluhan warga atas keberadaan mereka.

“Karena kami (Pemkot) mendapat kel - uh an dari masyarakat, Jalan Purn awarman sering macet. Ja - di akan coba kami tata,” ucap Od ed yang juga Ketua Satgasus PKL. Dalam waktu dekat pi hak - nya be ren ca na me mang gil ma - n ajemen atau pemilik pe ru sa - ha an yang ada di kawasan itu ter lebih dahulu, seperti Ban - dung Elektronik Center (BEC), Ganesha Operation, dan usahausa ha lainnya. “Kami akan undang pihakpi hak yang punya usaha. Mem - bah as menata PKL di kawasan Pu rnawarman. Kalau bisa di se - li pin di lokasi-lokasi usaha me - re ka kanbagus,” ujar Oded.

Menurut dia, selain ada ke - luh an dari masyarakat, sejak dulu pihaknya memang be re n - ca na akan menertibkan PKL di Ja lan Purnawarman. Selain itu ju ga pernah ada kesepakatan deng an BEC untuk menata ka - was an tersebut. “Tinggal di pe r - ku at saja,” tandas Oded. Salah seorang PKL Purna - warman yang eng gan disebut - kan namanya me nga ku belum tahu rencana pe ner tiban yang dilakukan Pem kot Bandung. PKL penjual ma kan an ini mengaku belum bisa ber bicara banyak terkait ren ca na pener - tiban yang dilakukan Pemkot. “Belum tahu,” katanya singkat.

Namun dia berharap Pem - kot Bandung dapat memberi so lusi terbaik jika memang ren - cana itu jadi dilakukan. Jangan sam pai hanya ditetibkan tanpa mem beri solusi. “Ia ha rap an - nya sih tetap ada perhatian. Jang an sampai ditertibkan do - ang,” tandasnya. Seperti diketahui, dalam be berapa tahun terakhir Pem - kot Bandung terus melakukan pe nertiban PKL. Mulai dari me nertibkan kawasan Alun- Alun Bandung, Jalan Ke pa ti h - an, Dalem Kaum, Merdeka, dan kawasan lainnya.

Dampaknya pun cukup po - si tif. Berbagai upaya yang di la - ku kan cukup berhasil. Se ju m - lah kawasan yang asalnya di pe - nu hi PKL kini kondisinya re la - tif jauh lebih baik. Tapi me - mang perlu diakui masih ba - nyak lokasi yang belum ter se - lesaikan dengan baik.

Contohnya saja di Jalan Ci - ca das. Ratusan PKL yang me - ma dati sepanjang Jalan Ci ca das masih belum mau di pin dah, dengan alasan tempat re lo kasi yang tidak sesuai ha rap an. Hingga saat ini belum ada ke - sepakatan antara kedua be lah pihak terkait tempat relokasi. Namun hal itu tidak me - nyu rutkan Pemkot untuk te - rus membenahi kota berjuluk Paris Van Java dari ke se m ra - wut an.

Kini Pemkot mulai me - li rik lokasi lain untuk menata dan menertibkan PKL. Sekitar 100 PKL Punawarman yang se - bagian besar berjualan ak se so - ris HP dan makanan ini akan di - ter tibkan.

Mochamad solehudin

Berita Lainnya...