Edisi 05-10-2015
Warga Luar Daerah Nikmati Mudahnya Perpanjang SIM


InovasiKorlantas Mabes Polri meluncurkan sistem perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) online mendapat sambutan positif dari warga.

Di Bandung, pengoperasian SIM online untuk pertama kalinya di lakukan di kawasan car free day (CFD) Dago, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung kemarin. Tak seperti biasanya, kemarin sekitar 85 orang melakukan pemohonan perpanjangan SIM, mereka mengantre memenuhi bus SIM onlineyang berada di CFD. Beberapa warga yang megantre adalah warga luar daerah yang bekerja di Bandung.

Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Asep Amar Melalui Kanit Regident Polrestabes Bandung AKP M Ardi W mengatakan, program SIM onlineini merupakan program Korlantas Mabes Polri yang diluncurkan untuk memaksimalkan pelayanan dalam memberikan kemudahan bagi masyrakat yang hendak memperpanjang SIM. Di Kota Bandung, SIM onlinetersedia di Polrestabes Bandung. Kemudahan itu sendiri tak hanya dirasakan bagi warga Kota Bandung yang meminta perpanjang SIM, namun juga bagi warga luar Kota Bandung.

Menurut Ardi, ada sekitar 80 warga Bandung yang melakukan perpanjangan SIM, sedang lima orang lainnya tercatat dari luar Kota Bandung. “Sementara ini penerbitan SIM dengan sistem online, hanya untuk perpanjangan saja seperti contohnya jika masyarakat memiliki KTP luar Kota Bandung bisa melakukan perpanjangan di satuan kami tapi tidak merubah alamat di KTP itu sendiri.” “Tapi untuk pembuatan baru, hanya baru bisa di lakukan jika telah memiliki KTP kota Bandung,” kata Ardi kepada wartawan di CFD kemarin.

Secara teknis, lanjutnya, perpanjangan SIM secara online tak jauh beda dengan perpanjangan SIM seperti biasa, bahkan untuk tarifnya pun sa - ma. “Ha nya bedanya, data ma - sya rakat langsung masuk ke Ke - korlantas Mabes Polri,” jelasnya. Bagi warga Bandung maupun luar Kota Bandung yang kebetulan berada di Kota Bandung, apabila hendak melakukan perpanjangan SIM bisa langsung datang ke Mapolrestabes untuk melakukan pendaftaran.

“Selain itu masyarakat juga bi sa mendatangi kendaraan SIM keliling. Untuk titik lokasi ken daraan SIM keliling ini bisa di akses di websiteSatlantas Pol - res tabes Bandung ataupun RTMC,” katanya. Seorang pemohon dalam SIM onlineElla Alinda, 40, mengatakan dirinya sangat mengapresiasi dengan adanya SIM onlineini. “Lebih cepat, mudah, harga sama dan juga praktis,” kata Ella.

Agier Permadi
Kota Bandung

Berita Lainnya...