Edisi 05-10-2015
PCNU Mojokerto Dukung Nisa-Syah


MOJOKERTO – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto resmi menjatuhkan dukungan kepada pasangan calon bupati/ wakil bupati Mojokerto Choirun Nisa-Arifudinsyah (Nisa-Syah).

Sejak awal banyak kalangan memprediksi jika nahdliyin struktural bakal menjatuhkan dukungan kepada pasangan Nisa-Syah. Prediksiitutakluput dari posisi Ketua Tanfidz PCNU Kabupaten Mojokerto KH Shihabul Irfan Arief yang merupakan suami Choirun Nisa. Terlebih, Choirun Nisa saat ini juga menjabat Ketua Dewan Pakar Muslimat Kabupaten Mojokerto.

Dalam pilbup tahun 2010, Nisa yang bergandengan dengan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa juga merupakan representasi dari kalangan nahdliyin . PCNU Kabupaten Mojokerto juga menginstruksikan kepada sejumlah badan otonom (banom) NU memberikan dukungan kepada pasangan Nisa-Syah. Dukungan bulat NU beserta banom itu diperkuat dengan ancaman sanksi kepada pengurus yang menjatuhkan dukungan kepada pasangan lain.

”Kalau ada (pengurus NU dan banom) yang membelot, nanti kami koordinasikan dengan PWNU Jatim. Nanti akan diberikan sanksi. Bisa juga dicopot,” ujar Ketua Tanfidz PCNU Kabupaten Mojokerto Shihabul Irfan Arief. Dengan bergabungnya NU beserta banom ke pasangan Nisa-Syah, diprediksi bakal mampu mengimbangi kekuatan rival terberatnya, calon petahana Mustofa Kamal Pasa- Pungkasiadi (Purbantara).

Dalam beberapa kali pemilihan bupati secara langsung, NU selalu berhasil mengusung calon hingga duduk di kursi pringgitan . Lebih jauh Gus Fan – sapaan akrab KH Shihabul Irfan Arief– menyebutkan, keputusan mendukung pasangan Nisa- Syah ini telah melalui beberapa proses pembahasan dengan pengurus PCNU Kabupaten Mojokerto, baik dari Syuriah maupun Tanfidziyah.

”Jadi setelah ini, seluruh warga NU dan banom-banomnya harus memberikan dukungan dan ikut memenangkan pasangan Nisa-Syah. Karena mereka merupakan kader NU,” katanya. Dikatakan dukungan tertulis kepada pasangan Nisa- Syah itu telah dilakukan dengan mengundang sejumlah pengurus PCNU beserta banom- banomnya. Dalam forum itu, lanjut Gus Fan, pasangan Nisa-Syah juga telah menandatangani pakta integritas.

Salah satu poin pakta integritas itu adalah jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, pasangan ini siap melibatkan NU dalam rencana pembangunan. ”Ini merupakan calon terbaik dan harus didukung semua kalangan nahdliyin ,” katanya. Sementara Choirun Nisa menyebutkan, ia tak bakal memberikan posisi istimewa kepada NU jika terpilih menjadi bupati nanti. Soal keterlibatan NU dalam rencana pembangunan seperti yang tertuang dalam pakta integritas yang tanda tangani, Nisa menyebut jika hal itu merupakan amanat undang-undang.

”Tidak hanya NU, semua lapisan masyarakat kami libatkan dalam perencanaan pembangunan. Tapi Insya Allah, kami akan berkomitmen kepada masyarakat untuk menjadikan pembangunan sebagai skala prioritas,” ujar Nisa. Humas Tim Pemenangan Nisa-Syah, Muhammad Irsyad Azhari mengatakan, adanya dukungan dari NU beserta banomnya ini menjadi kekuatan besar pasangan ini untuk memenangi pilbup yang bakal digelar tanggal 9 Desember itu.

”Kalau dibilang, pasangan calon ini yang memang dekat dengan NU dan merupakan representasi dari NU. Insya Allah ini calon yang terbaik,” ungkap Irsyad, kemarin.

Tritus julan

Berita Lainnya...