Edisi 16-10-2015
Agar Kamar Sejuk


Udara panas bisa menjadi salah satu penyebab ruang tidur tak lagi nyaman. Untuk menghindarinya, Anda bisa mendesain kamar dengan banyak bukaan. Tujuannya agar pertukaran udara dari dalam ke luar ruangan lancar.

Bila memungkinkan, kamar bisa menghadap taman, untuk mendapatkan kesejukan. Sebuah jendela pada setiap ruangan sebenarnya belum cukup. Agar pertukaran udara dalam ruangan berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation ). Ventilasi silang memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya, tanpa harus mengendap terlebih dulu, di dalam ruangan.

Udara yang masuk dari satu jendela akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya dan berganti dengan udara baru, begitu seterusnya. Nah bila kamar Anda berukuran kecil dan tak memungkinkan untuk membuat bukaan yang lebar, Anda bisa menggunakan AC.

Penyejuk ruangan ini akan membuat ruangan senantiasa sejuk. Hanya, demi kesehatan, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih pendingin ruangan. Pilihlah AC yang memiliki fitur kesehatan dan tentu saja hemat energi.

Aprilia s andyna