Edisi 16-10-2015
Memilih AC


KAPASITAS AC

Perhatikan kapasitas se - buah AC yang tercantum dalam British Thermal Unit per Hours (BTUH). Satuan BTUH tersebut menen - tukan kapasitas sebuah AC menarik/menyerap panas dalam satu jam. Karena pada dasarnya AC bekerja dengan cara me - narik panas dari ruangan dan bukan mendingin - kannya, jadi sebutan yang tepat untuk AC adalah penyerap panas, bukan pendingin ruangan.

HITUNG DAYA KAPASITASNYA

Menurut konversi unit satuan 1 PK = 2.544 btu/h = 746 watt. Unit AC yang memiliki kapasitas yang lebih besar tidak selalu lebih baik karena unit yang terlalu besar tidak akan mendinginkan area secara seragam. Pada beberapa jenis air conditioner , unit yang terlalu besar akan mendinginkan udara terlalu cepat yang akan menyebabkan air conditioner akan hidup dan mati lebih sering.

JANGAN TERGIUR HARGA MURAH

Harga memang biasanya menjadi pertimbangan saat membeli barang. Namun, untuk AC sebaiknya jangan tergiur barang murah. Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan. Buat apa harga murah kalau tidak awet dan boros listrik.

PILIH FITUR SESUAI KEBUTUHAN

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh AC. Pada dasarnya semua fitur bagus, tapi tentu saja hal ini berdampak pada harga dan konsumsi listrik di tempat Anda. Nah pilih fitur yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

PERHATIKAN LETAK AC

Suhu udara yang dikeluarkan oleh AC akan sangat bergantung pada panas ruangan. Faktor yang memengaruhi panas ruangan, antara lain luas ruangan, luas dinding, bahan pembuat dinding, jumlah lampu, jumlah penghuni ruangan, arah kedatangan sinar matahari, dan faktor lainnya.

Aprilia