Edisi 16-10-2015
Mendesain Kamar Tidur Yang Nyaman


Kamar tidur merupakan satu ruangan yang paling bisa langsung mencerminkan karakter pemiliknya. Salah satu kuncinya, yaitu pemilihan pernak-pernik furnitur yang pas dengan desain kamar Anda.

Siapa yang tidak ingin mempunyai kamar tidur yang cantik dan nyaman? Dalam menciptakan kamar tidur yang cantik dan nyaman Anda tidak hanya terpaku pada luas ruangan atau desain dan pemilihan furnitur kamar tidur yang mahal. Asalkan Anda bisa memilih ragam furnitur kamar yang menarik dan sesuai, Anda sudah bisa mendapatkan kamar tidur yang nyaman.

Desainer interior Ade Lesmana menuturkan langkah awal yang harus diperhatikan dalam mendesain kamar tidur, yaitu konsep. Apakah kamar tidur hanya dibuat untuk ruang beristirahat saja dan menghabiskan waktu luang, atau sekaligus untuk ruang bekerja. “Pernak-pernik furnitur kamar tidur tidak perlu mahal, yang penting dapat memenuhi kebutuhan kamar tidur,” tambah Ade.

Terkadang Anda terjebak dalam penggunaan furnitur kamar tidur yang terkesan memakan tempat di ruang kamar tidur Anda. Hal ini menyebabkan tidak leluasanya pergerakan Anda di kamar tidur karena sesak. Pemilihan furnitur kamar tidur yang tepat guna dan dalam menatanya Anda perlu terapkan untuk mendapatkan kamar tidur yang nyaman tanpa kehilangan fungsi dari masingmasing furnitur kamar tidur tersebut.

Salah satu furnitur yang penting di dalam kamar adalah tempat tidur. Ada berbagai pilihan model tempat tidur yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan desain kamar tidur Anda. Bila ruang tidur Anda tidak terlalu besar dan hanya untuk satu orang, bisa menggunakan jenis tempat tidur yang berukuran single , bentuk dari furnitur bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Bisa dengan menggunakan tiang penyangga atau dipan biasa. “Untuk kamar tidur yang besar bisa menggunakan dobel, tempat tidur yang digunakan berukuran king yang terbuat dari kayu dengan lapis plastik imitasi. Bentuknya pun bisa dipilih, bisa dengan headboard tinggi atau yang rendah,” kata Ade. Selain tempat tidur, furnitur yang harus diperhatikan dalam membuat kamar tidur yang nyaman adalah lemari.

Lemari biasanya digunakan untuk menyimpan pakaian dan benda pribadi Anda. “Untuk lemari, sebaiknya pilih lemari yang disesuaikan dengan desain dan ukuran kamar tidur. Bila kamar tidur Anda berukuran besar, lemari bisa dipisahkan dengan area tempat tidur,” papar Ade.

Lemari di kamar tidur sebaiknya dibuat dengan multifungsi, seperti lemari lima pintu yang dilengkapi dengan tempat gantungan, laci untuk penyimpanan, atau bisa juga lemari yang bentuknya memanjang sesuai dengan dinding di salah satu sisi di kamar tidur. “Bila ruangan kamar tidur tidak terlalu luas, bisa menggunakan lemari yang berukuran sedang dengan dua pintu.

Sebaiknya dalam menata kamar tidur harus pintar agar terasa nyaman dan lebih luas,” ucap Ade. Meja rias juga merupakan furnitur kamar tidur yang tidak boleh dilupakan. “Pilihlah meja rias dengan bentuk seperti meja yang mempunyai laci untuk menyimpan peralatan kosmetik. Bisa juga dengan meletakkan kaca besar dalam bentuk foyer di atasnya sehingga terkesan simpel dan fleksibel,” papar salah seorang pemilik toko furnitur Elizabeth.

Furnitur yang juga tak kalah penting di kamar tidur adalah meja. Jika Anda menginginkan ruang tidur menyatu dengan ruang kerja, meja merupakan furnitur yang paling penting. Bagi Anda yang membutuhkan meja di kamar tidur, Anda bisa memilih meja dengan model konsol. “Meja jenis ini sangat efektif untuk meletakkan seperti perlengkapan lain, yaitu stereo set dan pigura foto.

Idealnya meja berukuran 37x145x70 dan bisa dilengkapi dengan tiga buah laci dengan menggunakan handle bulat dan bergaya simpel,” kata Ade. Bila Anda tidak ingin menggunakan meja yang berkaki, meja dengan model lesehan atau model Jepang yang dilapisi dengan kaca bening juga bisa digunakan untuk melengkapi furnitur di kamar.

Untuk teman tempat tidur dan meletakkan lampu tidur, Anda bisa menggunakan meja nakas. “Meja nakas bentuknya mungil dan simpel, biasanya sering digunakan untuk meja rias di samping kiri dan kanan tempat tidur,” tandas Elizabeth. Dalam memilih furnitur yang satu ini memang gampanggampang susah. Jika terlalu besar akan memengaruhi luas ruangan. Tetapi jika terlalu kecil, meja juga tidak akan bisa menampung semua kebutuhan Anda.

Aprilia s andyna