Edisi 11-11-2015
Biliar Sumut Target Lolos PON 2016


MEDAN - Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumatera Utara mengirimkan 7 pebiliar pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2015 di Bangka Belitung.

Mereka ditargetkan lolos ke PON XIX/2016 di Jawa Barat. Ketujuh pebiliar tersebut adalah Jefri Zen, M Fadly, Rudi Alfian Girsang, Stanza Purba, Chandra Wijaya, serta dua pebiliar putri masingmasing, Leonnie Wattimena dan Rini Nasution. Ketua Umum Pengprov POBSI Sumut Salomo TR Pardede mengatakan, biliar Sumut yang diperhitungkan di Pulau Sumatera menjadi motivasi para pebiliar unjuk kemampuan.

Pihaknya usung target meloloskan atlet sebanyak-banyaknya di ajang yang sekaligus dijadikan Pra- Kualifikasi PON XIX/2016 Jawa Barat tersebut. Salomo mengakui ajang Porwil ini dinanti-nantikan pihaknya. Sebab, POBSI Sumut, termasuk salah satu yang ikut berjuang melalui KONI Sumut untuk memasukkan cabang biliar di ajang multievent tersebut.

Menurut Salomo, dengan masuknya cabor biliar di Porwil diharapkan akan mampu mendongkrak perolehan medali kontingen Sumut. Selain itu, bagi biliar Sumut sendiri memperoleh tiket PON melalui Porwil akan lebih terbuka. “Bukan berarti meraih tiket PON melalui Porwil lebih gampang, tetapi kita sudah mengetahui peta kekuatan biliar di Pulau Sumatera.

Saat ini biliar Sumut termasuk yang diperhitungkan di Pulau Sumatera,” kata Salomo didampingi Pelatih Biliar Sumut Fadil Nasution. Namun, nomor yang dipertandingkan belum semua digelar di Porwil ini. Di Porwil ini hanya mempertandingkan nomor dari divisi pool.

Sementara dua divisi lagi, snooker dan caroom, dilaksanakan melalui Kejurnas Pra-PON yang sudah selesai pada Oktober lalu di Cirebon. Di kejurnas tersebut, khusus kontingen dari Pulau Sumatera hanya mengikuti divisi snooker dan caroom, sedangkan provinsi lain mengikuti semua divisi, yakni pool, snooker, dan caroom.

Haris dasril

Berita Lainnya...