Edisi 22-11-2015
Pemprov Dukung Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional


MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat terkait dengan pengusulan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional oleh Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumut.

Asisten Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan Pemprov Sumut Asren Nasution mengatakan, Pemprov Sumut menyambut baik usulan tersebut karena Lafran Pane salah satu putra terbaik asal Sumut, yang lahir di Kampung Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Tidak hanya itu, Lafran Pane juga merupakan tokoh yang mendirikan organisasi HMI yang sampai saat ini sudah banyak melahirkan tokoh terbaik di Indonesia. “Kalau mengacu pada Undang- Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan, bahwa pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang berjuang, memberikan prestasi dan karya bagi pembangunan dan kemajuan bangsa.

Lafran Pane adalah salah satunya,” katanya saat Seminar Pengusulan Prof Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional di Gedung Peradilan Semu, Fakultas Hukum (FH) Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu (21/11). Ketua Dewan Penasihat Majelis Nasional KAHMI Akbar Tanjung mengatakan,

KAHMI mengusulkan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional karena semangatnya saat mendirikan HMI adalah semangat untuk membela, mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dan meninggikan derajat rakyat Indonesia. Lafran juga mengembang kan ajaran Islam, terutama di kalangan mahasiswa.

Dia meminta Pemprov Sumut tidak sekadar merekomendasikan usulan ke pemerintah pusat, tapi juga ikut memperjuangkannya seperti yang dilakukan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta saat menyelenggarakan seminar yang sama.

Ketua KAHMI Sumut Murlan Tamba menambahkan, setelah seminar ini pihaknya akan meminta Pemprov Sumut untuk merekomendasikan usulan Lafran Pane menjadi pahlawan nasional kepada pemerintah pusat.

Eko agustyo fb

Berita Lainnya...