Edisi 22-11-2015
Alex: Semua Beres 6 Bulan Sebelum Pembukaan


PALEMBANG-Pelaksanaan Sri - wi jaya Fashion Karnaval dan pe - le pasan balon dalam rangka 1.000 hari hitung mundur men - jelang ASIAN Games XVIII tahun 2018 berjalan meriah di pelatar - an Benteng Kuto Besak (BKB), Pa lembang, kemarin.

Diawali pelepasan karnaval se kitar pukul 09.30 WIB di ha - laman rumah Dinas Wali Kota Pa lembang menuju BKB. Ratus - an peserta karnaval melintasi ru - te menuju BKB. Setiba di Pela tar - an Plaza BKB, Gubernur Sum sel Alex Noerdin didampingi pe ja - bat terkait secara resmi melepas ba lon dalam rangka 1.000 hari me nuju ASIAN Games.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembu - kaan Sriwijaya Coffee Festival. Dalam kesempatan itu Alex mengajak masyarakat Sumsel dan seluruh stakeholder untuk mendukung pelaksanaan perhelatan akbar ASIAN Games, yang tinggal 1.000 hari lagi. Dikata - kan dia, kompetisi olahraga se- Asia ini akan diikuti berbagai ne - gara seperti Jepang, Korea, Cina, dan lainnya.

“Kita harus berbangga kare - na Indonesia sebagai tuan rumah dan Sumsel tepatnya di Kota Pa - lembang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASIAN Games selain Jakarta. Pencapaian ini me lalui jalan yang panjang dan terjal serta melelahkan dan ini bukan karbitan,” ujar Alex. Dia menuturkan, berbagai event skala nasional dan inter na - sional kerap diselenggarakan di Sumsel.

Mulai dari pelaksanaan PON, ISG, SEA Games, AUG, dan ke juaraan-kejuaraan lainnya ting kat Asia Pasifik dan kejuara - an ting kat du nia pun dilaksa - nakan di Sumsel. “Perjalanan ini panjang dan kita membutuhkan dukungan masyarakat Sumsel.

Kita mele - wati berbagai proses yang tidak mudah sampai akhirnya diperca - ya menjadi tuan rumah. Jadi ini bukan hadiah, melainkan mele - wati perjuangan,” sebutnya. Dia menambahkan, saat ini pi - haknya fokus membangun ber - bagai infrastruktur, fasilitas sa ra - na dan prasarana untuk men du - kung pelaksanaan ASIAN Games.

Di antaranya masih ha rus bangun tiga ruas jalan tol, membangun dua jembatan Mu si, pelebaran air port, LRT dari air port ke Jaka - ba ring. “Kita bangun berbagai in - frastruktur, venue-ve nueolahra ga yang baru, penam bah an daya lis - trik, air bersih, dan lainnya. Wak - tu kita ini hanya ting gal 2,5 tahun lagi.

Namun kita me nargetkan enam bulan sebe lum pelaksanaan ke giatan, kita harus siap semua - nya,” tegas Alex. Di samping itu, Alex menya ta - kan, pembangunan infra struk tur yang dilaksanakan pun sudah barang tentu ditujukan untuk ke - majuan infrastruktur yang da pat dinikmati masyarakat Sum sel.

“Jadi bukan hanya dilihat games-nya tapi ASIAN-nya. Ba - gai mana pesatnya pembangun - an infra struk tur yang sedang di - ke but saat ini pun untuk Sumsel. Tak sa ya pungkiri, betapa ba - nyak hala ngan yang dilalui, mulai dari “bully” soal asap dan lainnya. Tapi insya Allah, kita bisa mele - wati masalah itu.

Masalah pem - bakar an lahan dan asap bisa ditekan meski tak bisa dipastikan zero hotspot na mun diharap tak mengganggu la gi,” ungkapnya. Sementara itu, Plt Kepala Di - nas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Ca melyn Sinaga mengatakan,

Pemprov Sumsel dalam hal ini Disbudpar menyemarakkan berbagai acara menyambut Asian Games 2018. “Pelaksanaan Sriwijaya Fashion Karnaval hingga Festival Kopi dan aneka hiburan rakyat,” pung - kasnya.

Retno palupi

Berita Lainnya...