Edisi 22-11-2015
Angka Pengangguran Terus Meningkat


MARTAPURA- Ber da sar kan da ta Badan Pusat Sta tisti (BPS), jum lah pe ngangguran di Ogan Ko me ring Ulu (OKU) Ti mur te rus mengalami pe - ningka tan da ri tahun ke tahun.

Pada 2012 de ngan jum-lah pengangguran 2,6%, 2013 men jadi 4,09%, lalu pada 2014 mengalami peningkatan men ja di sekitar 4,32%. Kepala BPS OKU Timur Syailendra Bin Na wa wi me - lalui Kepala Seksi Sta tistik You Ari Faeni men jelaskan, meningkatnya jumlah pengang- guran di wilayah OKU Timur dika re na kan terus menuru nnya per ekonomian da erah.

Misalnya tu runnya harga jual hasil per ke bu nan dan tidak adanya pu sat industri yang ada di ka bu pa - ten ini yang bisa me nyerap pengangguran. Menginggat di OKU Ti - mur yang mayoritas pen du - duknya berkerja pada sektor pertanian dan per ke bunan namun dengan te rus menurun ya harga hasil perkebunan dan te rus an jloknya harga ka ret dan harga sawit sangat ber pengaruh.

“Kondisi ini mengakibatkan pe kerja buruh karet lebih baik ber henti ka rena hasil yang di peroleh tidak sesuai dengan ker ja, sehingga hal ini yang me nye babkan terusme ning kat nya jumlah pe ng - ang gu ran di kabupaten sebagai daerah lum bung pangan,” te - rangnya.

Sedangkan dari sektor per - ta nian sekarang belum bisa me - nyerap tenaga kerja, karena be - lum adanya proses peng ga ra - pan lahan pertanian, me ngi - ngat pa so kan air belum men - cukupi. “Dengan demikian de - ngan terus meningkatnya jum - lah pe ngangguran tentu berp - en ga ruh pada kehidupan ma - syara kat,” imbuhnya.

Wahyudi salah seorang war - ga Mar tapura menga takan, memang sebaiknya pe me rin tah membuka peluang kerja yang besar agar mengurangi pe nga - ngguran. Terlebih setiap tahun tidak sedikit orang yang lulus dari sekolah sehingga mem bu tuh - kan lapangan kerja baru.

Dadang dinata

Berita Lainnya...