Edisi 22-11-2015
Sejarah Baru Sepak Bola Sumsel


PANGKALPINANG- Dalam Pekan Olah raga Wi la yah (Por - wil) Suma tra IX 2015, tim sepak bola Sumsel ber hasil tum - bangkan tim Sumut skor 1-0 di Stadion Depati Amir, Pang kal - pinang, kemarin.

Gol tunggal dalam partai pun - cak dicetak oleh Yusuf Effendi pa - da menit 41. Kemenangan terse - but, merupakan emas pertama dari cabang olahraga sepak bola yang tidak pernah didapatkan Sumsel. Atas torehan tersebut, untuk kali pertama sepak bola Sumsel lolos dan kantongi tiket PON XIX Jabar 2016.

Pelatih Tim Sumsel Rudy Wi - liam Keltjes mengatakan, bibit pe muda Sumsel di bidang sepak bola tidak kalah dengan wilayah lain di Indonesia. Hal itu dibukti - kan anak asuhnya dengan tampil memukau di Porwil Sumatra IX 2015. “Dapatkan medali emas di - nilai lebih penting.

Karena itu me - reka tampil all out dalam partai final kontra Sumut. Hari ini kita buk tikan pemuda Sumsel mam - pu bersaing,” ucapnya bangga. Dilanjutkannya, ia menilai la - ga final sangat berat. Sebab, pi - hak nya tidak dapat menurunkan empat pilar utama lantaran aku - mi lasi kartu.

Tiga pemain kanto - ngi dua kartu kuning masing-ma - sing, Yogi Novrian (striker), Zal - nan do (defender), dan Akbar Za - karia (defender). Sementara Reza Airlangga (midfielder) gengam kartu merah. “Namun anak-anak berhasil menerapkan strategi dengan baik.

Dan hasilnya kita mam pu men curi satu gol pada ba bak per - tama dan bertahan hingga akhir laga,” terang mantan pela tih tim nasional (timnas) U-21 ini. SementaraituSekertarisUmum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumsel Augie Bunyamin, meng - aku terharu dengan sejarah yang berhasil diukir pemuda Sumsel.

Sebagai pembina prestasi sepak bola Sumsel pihaknya memberi - kan guyuran bonus sebagai se - buah penghargaan. “Anak-anak langsung kita kasih bonus Rp20 juta. Setelah ini anak-anak juga akan dapat bonus tambahan dari beberapa pejabat di Sumsel. Salah satunya dari pak Muddai Madang yang kini jadi Wakil Ketua KOI,” kata dia yang terlihat sumringah usai laga.

Juara Porwil ini sebagai mo - tivasi menatap PON. Asprov PSSI Sumsel akan mempersiapkan skuat dengan lebih baik menuju PON. “Kalau di PON persaingan tentu lebih berat. Namun, kita te - tap optimistis mampu bersaing, mi nimal kita tiga besar,” lanjut bos Hotel Swarna Dwipa Palem - bang ini.

Muhammad moeslim

Berita Lainnya...