Edisi 22-11-2015
Serap Aspirasi dari Dusun ke Dusun


Menjadi seorang anggota DPRD tentu didam bakan semua orang. Sebagai wakil rakyat, anggo ta DPRD mengemban kepercayaan untuk me ngem ban amanat masyarakat di kalangan bawah.

Untuk memegang kepercayaan dari masyarakat tersebut dilakukan berbagai hal terutama menampung dan memperjuangkan semua aspirasi. Tak terkecuali bagi Ketua DPRD Kota Pagaralam Ruslan Abdul Gani SE. Politisi Partai Golkar ini memiliki panggilan hati untuk mensejahterakan masyarakat Kota Pagaralam. Ingin mengetahui visi dan misi Ruslan Abdul Gani? Simak wawancara khusus wartawan KORAN SINDO PALEMBANGYayan Darwansah dengan Ruslan Abdul Gani berikut.

Banyak masalah yang dihadapi masyarakat di bawah, apa saja yang dilakukan untuk menuntaskan permasalahan tersebut?

Sebagai wakil rakyat tentunya berkewajiban membantu masyarakat di bawah dan menuntaskannya. Salah satu permasalahan yang dihadapi masyarakat yakni pembangunan infrastruktur yang belum merata. Jadi, tugas kami untuk menyelesaikan masalah ini. Sebab, panggilan hati ingin menjadi anggota DPRD tidak lain untuk menyerap aspirasi dan mewujudkannya sehingga membuat masyarakat hidup sejahtera.

Apa saja yang dilakukan untuk menyerap aspirasi tersebut?

Saat ini sangat banyak aspirasi masyarakat tetapi tidak sampai sehingga tidak terserap. Jadi, untuk mendapatkan aspirasi tersebut kita harus rutin masuk dusun keluar dusun guna menampung semua aspirasi. Meskipun blusukan tidak dilakukan dengan resmi, yang terpenting aspirasi tersebut didapatkan, sehingga dapat diusahakan untuk dibangun. Dengan begitu, masyarakat memiliki rasa bahwa ada wakilnya yang duduk di DPRD untuk menyampaikan aspirasi tersebut.

Dalam mewujudkan aspirasi, ada kendala yang dihadapi?

Memang saat ini cukup banyak aspirasi yang terserap tidak melalui saya saja, tetapi ada juga dari anggota DPRD Kota Pagaralam lainnya. Dari sekian banyak aspirasi tersebut tidak semuanya dapat dilaksanakan pada saat aspirasi itu sampai. Sebab, kita melakukan pengusulan melalui Musrenbang baik itu tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. Akan tetapi, jika itu prioritas maka dapat langsung dilaksanakan seperti banjir dan bencana lainnya.

Ada berapa banyak aspirasi yang masuk dari masyarakat?

Aspirasi yang masuk baik itu dari laporan saat saya yang terjun langsung kelapangan sangat banyak. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menuntaskan itu semua. Dari lima tahun lalu sampai saat ini ada 35-40% aspirasi yang sudah dituntaskan permasalahannya baik itu menggunakan dana aspirasi maupun dari Pemkot Pagaralam.

Jadi, pada tahun 2016, saya berharap aspirasi yang telah masuk seluruhnya mencapai 80% dijalankan. Sebab, aspirasi dari masyarakat bawah, inilah yang sangat menyentuh masyarakat baik itu jalan setapak, irigasi, saluran limbah, dan lainnya. Jika semua itu terwujud, saya optimistis tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Pagaralam akan terus meningkat.

Selain terjun langsung menyerap aspirasi masyarakat, apakah pernah bekerja sama dengan masyarakat melaksanakan gotong royong?

Blusukan hampir setiap minggu dilakukan baik itu di wilayah daerah pemilihan yakni Kecamatan Pagaralam Selatan maupun di seluruh Kota Pagaralam dilakukan. Bahkan, bekerja sama dengan masyarakat membangun jembatan permanen juga dilakukan yakni di Tinggi Hari dan Karang Dalo.

Dimana, pada saat itu masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut hanya memanfaatkan jembatan bambu yang setiap tahun rusak dan harus diperbaiki. Jadi, ketika mendapatkan informasi tersebut bersama masyarakat swadaya dan gotong royong langsung melakukan pembangunan.

Alhamdulillah, manfaatnya sangat besar lantaran arus lalu lintas lancar dan tingkat perekonomian masyarakat sekitar membaik. Sebab, tidak berkembangkan daerah tersebut lantaran jalur transportasi yang kurang memadai.

Apa tujuan ke depan sehingga masyarakat Pagaralam makin sejahtera?

Tentunya sebagai anggota dewan yang juga wakil rakyat saya memiliki keinginan ke depannya. Saya akan terus berusaha membantu dan memperjuangkan aspirasi masyarakat hingga didapatkan tanpa terkecuali.

Untuk itulah, saya meminta dukungan dan doa dari masyarakat Kota Pagaralam agar dalam mengemban tugas sebagai anggota dewan serta dapat lebih baik lagi. Sebab, berkat kepercayaan masyarakatlah saya dapat menjadi salah satu wakil rakyat di DPRD Kota Pagaralam. Jadi, jangan takut dan malu jika ingin menyampaikan aspirasi asal selagi bisa diwujudkan.?

Berita Lainnya...