Edisi 22-11-2015
Tower Bersama Beri Pengobatan Gratis Korban Asap


PALEMBANG – Kabut asap yang menyelimuti beberapa kawasan Indonesia telah menimbulkan berbagai macam dampak yang tidak diinginkan. Salah satu di antaranya dampak yang membahayakan kesehatan bagi ibu hamil dan balita.

Sebagai bentuk komitmen PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) terhadap program kesehatan yang dijalankan yaitu membantu mengurangi angka kematian ibu hamil dan balita, perseroan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social and responsibility (CSR) menggelar pengobatan gratis di Palembang, Sumatera Selatan.

Melalui program CSR mobil kesehatan Keliling TBIG, perseroan melakukan bantuan kesehatan maupun terapi psikologi pascabencana asap bagi masyarakat terutama para ibu hamil dan balita di area yang minim akses kesehatan. Aksi ini dilakukan di lima wilayah di Sumatera Selatan yang sebelumnya mengalami dampak kabut asap.

Salah satunya berada di Jalan Pelembang- Jambi, Lingkungan IV, RT 013, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin. Perseroan memang sengaja memilih lokasi untuk kegiatan pengobatan gratis yang berdekatan dengan menara telekomunikasi milik TBIG. Sebagai informasi, hingga saat ini di wilayah Sumatra Selatan dan Barat (Sumselbar) terdapat tidak kurang dari 600 menara yang dimiliki TBIG.

Ketua RT 04/02 Kecamatan Sungai Lilin, Marza, menjelaskan di wilayahnya terdapat sedikitnya 55 keluarga. Ini belum termasuk keluarga baru yang menghuni sehingga totalnya bisa mencapai 80 keluarga. Ketika kabut asap masih pekat, di wilayahnya jarak pandang warga hanya mencapai 10 meter.

Dia bersyukur dalam beberapa pekan terakhir ini wilayah Palembang dan sekitarnya telah diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal tersebut memang mengurangi kepekatan kabut asap. ”Yang kami butuhkan saat ini obat-obatan untuk masyarakat akibat kabut asap misalnya obat batuk.

Dalam dua bulan terakhir, masyarakat sempat mengalami udara yang sesak akibat asap dari pembakaran hutan,” kata Marza saat ditemui KORAN SINDO di CSR Mobil Keliling TBIG di Jalan Pelembang- Jambi, Lingkungan IV, RT 013, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, belum lama ini.

Sebelumnya Direktur Utama Tower Bersama Infrastructure Herman Setya Budi menyatakan, perseroan menyadari pentingnya menjadi mitra bagi masyarakat dan lingkungan setempat. Untuk itu, TBIG mengalokasikan sumber daya untuk mendukung dan memperkuat CSR. Tower Bersama memiliki empat pilar program CSR yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan budaya.

Salah satu program CSR perseroan yaitu melalui Mobil Kesehatan Keliling (Monik) yang dibantu untuk dioperasikan oleh Rumah Zakat yang dilengkapi oleh perlengkapan medis seperti USG Mindray, oksigen, minor surgery set, dan emergency kit. ”Mobil Kesehatan TBIG diharapkan bisa melayani hingga ke daerah terpencil.

Komitmen perusahaan terhadap kesehatan masyarakat ingin kami wujudkan secara meluas,” kata Herman. Melalui bantuan pengobatan gratis oleh TBIG di Kecamatan Sungai Lilin, tercatat 221 warga sekitar yang menerima manfaatnya.

Perwakilan dari Rumah Zakat yang juga turut memeriksa kesehatan masyarakat sekitar, Dr Barikilqodri Fitriana menjelaskan, dampak dari kabut asap yaitu penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). ”Lebih dari setengah pasien yang diperiksa teridentifikasi terkena ISPA. Hal ini lebih dominan terkena lansia, orang yang berusia 40 tahun ke atas dan anak-anak,” paparnya.

Heru febrianto

Berita Lainnya...