Edisi 22-11-2015
Senam Bisa Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak


SURABAYA – Tumbuh kembang anak membutuhkan perhatian dari semua pihak. Karena itu, para orang tua sebaiknya juga harus memahami bagaimana cara meningkatkan tumbuh kembang anak secara alami.

Banyak cara yang bisa ditempuh, salah satunya melalui senam dan pemenuhan nutrisi dalam tubuh. Menurut pakar gizi masyarakat Ali Khomsan nutrisi merupakan aspek penting dalam mencapai tumbuh kembang anakyangoptimalditambahlagi dengan stimulus dari luar seperti gerakan.

”Nutrisi bisa didapat dari minyak ikan, zat besi, zink yang bisa membantu anak-anak untuk merangsang cepat tanggapnya seorang anak dalam merespons sesuatu, sedangkan stimulasi adalah alat bantu dari luar yang modelnya beragam bisa berupa senam atau aktivitas lain,” kata guru besar Ali saat dijumpai dalam acara Gerakan Senam Tanggap yang digelar oleh Nestle Dancow Batita di Surabaya, kemarin.

Ali khawatir jika anak-anak tidak memiliki tumbuh kembang dengan baik, ke depan generasi penerus bangsa bisa rentan terhadap penyakit. Belum lagi akibat pemenuhan gizi yang kurang bisa jadi berpengaruh pada perkembangkan otak hingga membuat generasi muda menjadi kurang cerdas.

Berdasarkan laporan riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi gizi buruk anak usia balita dalam skala nasional mencapai 196%, kondisi anak bertumbuh pendek atau stunting mencapai 37,2%, dan anak dengan gangguan obesitas mencapai 11,9%. Jawa Timur juga tidak lolos dari ancaman tersebut, Riskesdas.

Tahun 2013 mencatat balita di Jatim yang mengalami gizi buruk mencapai 1,15%, stunting mencapai 28,8%, dan obesitas mencapai 1,58%. Sementara itu, Brand Manager Nestle Dancow Batita mengungkapkan dukungannya untuk meningkatkan tumbuh kembang anak lewat stimulus dari luar. Denganmengajakguru yang ada di 765 Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD), Nestlememberikan pembekalan bagaimana mengurus tumbuh kembang anak.

Mamik wijayanti

Berita Lainnya...