Edisi 22-11-2015
16 Taekwondoin Jateng Lolos PON


SEMARANG– Provinsi Jawa Tengah meloloskan sebanyak 16 taekwondoin ke PON XIX/2016 di Jawa Barat. Ke-16 taekwondoin tersebut terdiri atas 12 kelas kyorugi (pertarungan) dan poomsae (jurus).

Pada babak kualifikasi PON yang berakhir pada Jumat (20/11) di Jakarta, provinsi ini memang tidak turun dalam performa terbaiknya. Pasalnya, Jateng hanya berada di peringkat kelima. Adapun, juara umum disabet oleh Provinsi Jawa Barat, disusul Kalimantan Timur, DKI Jakarta, dan Bali.

”Pra-PON masih paceklik medali. Ada dua atlet andalan kami yang terpaksa kami stop setelah masuk delapan besar, yakni Aghniny Haque dan Ong Stevanus lantaran cedera,” ungkap Pelatih Taekwondo Jateng Dereck Afsa saat dihubungi kemarin. Dereck beralasan keduanya terpaksa ditarik agar cederanya tidak terlalu parah. Babak kualifikasi hanya menjadi jembatan menuju PON dan lebih penting pertandingan pada 2016.

”Ong Stevanus mengalami dislokasi di jari manis sehingga tidak kami turunkan lagi, ini bagian strategi. Saat pelaksanaan PON kemungkinan besar sudah bisa pulih karena butuh penyembuhan selama enam bulan,” ucapnya.

Seluruh tim putri Jateng berhasil lolosPON, diantaranya Vony Dian, Nabila, Jauza, Saleha, DianPutri, Uli Chintya. Adapun untuk putra, yakni Renaldy Atmanegara (wildcard), Ong Stevanus, Samsul (dibawah80kg) dan middle dengan Ade Kumara. Dereck menyatakan bahwa sebenarnya Jateng mengincar juara umum pada babak kualifikasi tersebut dengan meraih tiket PON sebanyak-banyaknya.

Namun, kondisi dilapangan ada yang mengalami cedera dan ini tidak diperhitungkan sejak awal.”Kami berharap masih bisa tampil diPON. Hasil babak kualifikasi tahun ini sama seperti tahun lalu, yakni 12 tiket PON dari kyorugi dan poomsaemalah bertambah dua tiket,” ujarnya.

Menurut dia, melihat kekuatan provinsi lain pada babak kualifikasi, rata-rata memiliki kualitas yang setara. Karena itu, hal tersebut menjadi perhatian serius dari pengurus agar performa tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini.

Arif purniawan

Berita Lainnya...