Edisi 22-11-2015
Realisasi Proyek DAK Baru Mencapai 40%


TEGAL - Realisasi pengerjaan proyek peningkatan sarana dan prasarana SD dan SMP yang mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan di Kota Tegal hingga pekan terakhir November baru mencapai 40%.

Meski demikian, dinas terkait optimistis realisasi bisa tercapai 100% sebelum akhir tahun. Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Tegal Muhammad Mashar mengatakan, pencairan DAK bidang pendidikan untuk tingkat SD dan SMP sudah memasuki pencairan tahap kedua dan ketiga ke sekolah-sekolah yang menerima. Proses pencairan saat ini masih berjalan.

Termasuk juga untuk realisasi pengerjaaan fisik berupa peningkatan sarana dan prasarana sekolah. Ratarata sudah mencapai 40 persen realisasi pengerjaannya, kata Mashar kemarin. Khusus peningkatan sarana prasarana fisik di tingkat SD, Mashar mengungkapkan, dari 16 SD yang mendapat alokasi DAK, terdapat lima SD yang mengerjakan rehabilitasi ruang kelas tingkat berat, delapan SD rehabilitasi ruang kelas tingkat sedang, dan tiga SD yang membangun ruang kelas baru.

Meski waktu yang tersisa sebelum akhir tahun hanya sekitar satu bulan lagi, Mashar optimistis realisasi pengerjaan peningkatan sarana dan prasarana tersebut dapat tercapai hingga 100% sebelum akhir Desember. Sebab, pengerjaan terus dikebut agar dapat selesai sesuai tenggat.

Dari pantauan kami proses pengerjaan di lapangan masih berjalan sehingga diharapkan bisa selesai sebelum akhir Desember, tandasnya. Diketahui total DAK bidang Pendidikan yang dialokasikan untuk SD dan SMP di Kota Tegal mencapai Rp9,7 miliar. Rinciannya Rp5,35 miliar untuk SD, dan Rp4,34 miliar untuk SMP. Adapun jumlah sekolah penerimanya terdiri dari 16 SD dan 4 SMP.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Tegal S. Singgih Primadhi menambahkan, ruang kelas di tingkat SD dan SMP yang mengalami kerusakan mencapai 30% dari seluruh ruang kelas yang ada. Untuk itu, alokasi DAK diprioritaskan untuk rehabilitasi ruang kelas yang mengalami kerusakan tersebut.

Farid firdaus

Berita Lainnya...