Edisi 22-11-2015
Dua Tewas, Dua Kritis Akibat Pesta Miras


TASIKMALAYA– Kasus ke ma - tian sia-sia akibat minuman ke - ras (miras) kembali terulang. Ka li ini terjadi di Kota Ta sik - malaya. Dua warga Jalan Su ka - laya, Kelurahan Argasari, Ke ca - matan Cihideung, Ade Iyon, 50, dan Khabi Arafat, 26, tewas se - telah menenggak miras, ke - marin.

Ade tewas saat menjalani pe - ra watan intensif di RS dr Soe - kardjo dan Khabi di RS Jasa Kar - tini. Sedangkan Irwan alias Utep, 27, warga Kampug Sawah Lem pay, Argasari, yang sempat me ngalami keracunan seusai pes ta miras di rumah Ade Iyon pa da Kamis (14/11) lalu, kini kon disinya membaik.

Selain Iyon, Khabi, dan Utep, 27, dua orang lainnya Herda, 20, war ga Bojongsari Kecamatan Ci pedes dan Deden alias Oray, 50, warga Jalan Cieunteung Ar - ga sari, juga menjalani pe ra wa - tan intensif di Intensive Care Unit (ICU) RS Jasa Kartini aki - bat keracunan miras yang me re - ka konsumsi.

Informasi yang dihimpun KO RAN SINDO, Ade Iyon, Kha - bi Arafat, dan Utep menggelar pes ta miras oplosan merek Kri - tal dicampu Green Tea dan orange juice pada Kamis (14/11) di ni hari. Seusai Minuman ter - sebut dibeli dari Yeye yang biasa men jual minuman keras di ka - wa san Simpang Lima, Kota Ta - sik malaya.

“Kami membeli minuman se cara patungan. Seperti biasa, mi ras oplosan itu kami kon - sumsi bersama-sama di rumah Iyon. Beberapa saat setelah mi - num, kami merasakan pusing dan mual. Kemudian kami di - bawa ke rumah sakit. Saya tidak me nyangka bakal seperti ini ka - rena memang kami sudah se - ring minum bersama dan mem - be linya dari Ko Yeye,” ungkap Ir - wan alias Utep yang masih men - ja lani perawatan di RS Jasa Kar - tini.

Dokter RS Jasa Kartini Budi me ngatakan, kondisi Herda dan Deden alias Oray masih kri - tis dan harus mendapatkan tin - da kan intensif dari tim medis ru mah sakit. “Hingga siang ini, kon disi mereka kritis. Kami ma - sih menunggu perkembangan se telah tindakan medis di la ku - kan. Sedangkan korban yang te - lah membaik masih kabur pan - da ngannya.

Saya sendiri tidak bi sa memastikan seperti apa, ha nya menunggu saja setelah tin dakan medis dilakukan,” ka - ta Budi. Sepekan sebelumnya, Syarif Hi dayat, 15, warga Kampung Sin dangsari, Desa Cijulang, Ke - ca matan Cineam, Kabupaten Ta - sikmalaya, kritis dan men ja lani perawatan intensif di Pus kes - mas Manonjaya, Kabupaten Ta - sikmalaya.

Syarif kritis se telah keracunan miras yang dia ko n - sumsi bersama tiga te man nya, Ari, 15, Taofik, 15, dan Si git, 15. Pada Oktober 2015, miras ju ga menelan korban jiwa, Ya - kub, 17, dan Tata, 17, yang ma - sih pelajar. Mereka tumbang se - te lah mengonsumsi miras yang di campur minuman ringan dan obat nyamuk oles di Kampung Kaum Kidul, Desa Ciawi, Ke ca - ma tan Ciawi, Senin 19 Oktober 2015.

Peristiwa jatuhnya korban te was dan kritis akibat miras ini ten tu sangat mengejutkan se - mua pihak di Kota Tasikmalaya. Se bab, Polres Tasikmalaya telah in tesif melakukan pem be ran - tasan peredaran dan penjualan mi ras. Seperti pada Sabtu (21/11) se kitar pukul 08.30 WIB, pe tu - gas Polres Tasikmalaya me nga - man kan satu unit truk box D 8693 DG yang dikemudikan Nur din warga Jalan Ciparay Pa - san tren 1 Nomor 56, Ke ca ma - tan Bandung Kidul karena me - ngang kut 65 dus miras jenis AOB.

Petugas juga me nga man - kan satu unit mobil Stison Wa - gon milik Memey warga Jalan Pa seh RT 06/08, Kelurahan Tu - gu raja, Kecamatan Cihideung, Ko ta Tasikmalaya karena mem - bawa 71 Dus AOB dan 13 dus bir merk Prosh. Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Asep Saepudin me nge - mu ka kan, telah melakukan pe - me riksaan terkait kasus ini ter - ma suk memintai keterangan pen jual miras tersebut.

Saat ini Pol res Tasikmalaya Kota me - mang sedang gencar me la ku - kan razia untuk menekan pe re - da ran minuman keras, kendati saat ini terdapat kejadian yang me ngakibatkan timbulnya kor - ban jiwa. “Korban yang masih dirawat ada juga dan telah kami mintai ke te rangan. Sedangkan pen - jual nya, Yeye, juga telah diamankan, berikut barang buk - tinya.

Untuk kendaraan pe - ngangkut lebih dari 2.000 botol mi numan keras juga telah kami aman kan. Rencana peredaran mi numan keras itu terungkap saat dilakukan bongkar muat da ri truk boks ke mobil station wa gondi lahan kosong di Ke lu ra - han Tuguraja, Kecamatan Ci hi - deung. Pemilik miras dan so pir truk kami amankan,” ujar Asep.

Nanang kuswara

Berita Lainnya...