Edisi 22-11-2015
Pelajaran Berharga Bagi Persib


SIDOARJO – Persib Bandung men dapatkan pelajaran berharga se telah kalah dari Surabaya Uni - ted dengan skor akhir 1-0 pada la - ga kedua babak penyisihan Grup C Piala Jenderal Sudirmandi Stadion Ge lora Delta, Sidoarjo, Jawa Ti - mur, tadi malam.

Selain penyelesaian akhir yang bel um sempurna, pertahanan yang masih rapuh menjadi so ro - tan. Gol yang terjadi pada mulut ga wang Persib Bandung tepat di me nit ke-63 itu akibat ko mu - nikasi yang kurang baik antara pen jaga ga wang dan pemain yang ber po sisi sebagai jantung per ta - ha nan.

Berawal dari tendangan bebas, I Made Wirawan mencoba me nge - jar laju bola. Sayang saat hendak me nangkis, bola sudah lebih dulu dis undul David Ngan Pagbe yang me rupakan stopper anyar Maung Ban dung. Rupanya bola hasil sun - dulan pemain berkebangsaan Ka - merun ini tepat mengarah ke kaki Ru di Wibowo.

Dengan cepat Rudi me nyambar hingga mengubah ke dudukan menjadi 1-0 untuk Su - ra baya United. Kesalahan ini bukan kali per - tama terjadi. Sebelum gol terlahir, ko munikasi dua pemain ini masih be lum berjalan dengan baik. Ten - tu saja, perlu ada perbaikan te ru - tama dari segi komunikasi antar pe main agar segala kesalahan ti - dak terulang di laga-laga se lan jut - nya.

Pelatih Persib Bandung, Dja - djang Nurdjaman pun tak me - mungkiri stopper anyarnya ter - sebut belum bisa bersinergi de - ngan baik dengan pemain Persib lain nya. Wajar, kata dia, pemain be rusia 37 tahun itu baru satu pe - kan lamanya bergabung dengan Per sib dan langsung dihadapkan dengan sebuah pertandingan.

“Pagbe belum menampilkan per mainan terbaiknya, mungkin be lum bugar juga. Dan tentunya ini yang menjadi sorotan kami agar tidak terjadi lagi di per tan - dingan selanjutnya,” ujar Djanur se perti dikutip simamaung.com Selain menyoroti lini per ta ha - nan, Djanur juga tak lupa me nyo - ro ti lini depan yang masih kurang baik dalam melakukan pe nye le - saian akhir dengan sempurna.

Pa - dahal beberapa peluang berbuah gol tercipta di laga tersebut. Bukan hanya dari performa pa sukannya, keputusan wasit Kus ni yang memimpin jalannya per tandingan membuat pelatih asal Majalengka ini berang. Me - nu rutnya sang pengadil lapangan lebih berpihak kepada tuan ru - mah karena timnya terlalu sering di ganjar pelanggaran. Bahkan ti - ga pemainnya dengan mudah di - be rikan hukuman kartu kuning.

“Untuk wasit saya kecewa ka rena terlalu banyak mem be - rikan pelanggaran ke kita. Bah - kan kita terlalu mudah kena kar tu. Lihat tadi Hariono, baru dua menit, pelanggaran per ta - ma langsung kena kartu,” ge - ram nya. Djanur tak segan menyebut ki nerja wasit Kusni sangat bu - ruk mengingat hampir setiap pe main Persib merebut bola da ri kaki lawan, dia me niup - kan peluitnya.

Bahkan dalam be berapa kesempatan Kusni te lat mengambil keputusan pa dahal hakim garis sudah men gangkat bendera. “Jujur saya saya kecewa de - ngan kepemimpinan wasit. Bu kannya tendensius tapi me - mang begitu kenyataannya,” ka tanya. Akibat perlakukan berat se - be lah yang dilakukan wasit, jelas membuat kinerja pa su - kan nya bermain tidak seperti bia sanya.

“Secara mental pasti ber pengaruh kepada pemain. Apa lagi tadi itu terjadi ketika kita kalah tipis. Itu pasti mem - pe ngaruhi permainan kita,” te - gasnya. Disisi lain, Pelatih Surabaya Uni ted, Ibnu Grahan m e nga ta - kan dengan kemenangan ini mem buka peluang timnya un - tuk lolos ke babak selanjutnya. “Ini faktor maksimal anakanak yang bekerja keras untuk me menangkan pertandingan.

Meski 1-0 yang penting me - nang,” ucap Ibnu. Namun, bukan berarti de - ngan kemenangan ini mem - buat tim Persib Bandung se - ma kin kesulitan untuk lolos da ri zona fase grup. “Kita menang karena Persib ka sihan melawan kita. Tapi se - karang, semua tim punya chan ce untuk lolos, termasuk Per sela.

Dan saya lihat dua kali per tandingan semuanya sa - ngat mempengaruhi untuk lo - los ke babak 8 besar,” tuturnya. Yang jelas, lanjut Ibnu ke - me nangan ini sebagai ja wa - ban atas lontaran yang di be - rikan coach Iwan Setiawan yang se be lumnya melatih Pu - samania Bor neo FC, akibat ke ka la han nya saat melawan PS TNI di laga perdana lalu.

“Sa ya gakpu nya statistik, saya pe latih gob lok, saya men - cadangkan pe main senior. Te - rima kasih ke pa da coachIwan, dia menulis bu ku yang baik,” tan dasnya. Dengan hasil ini, Surabaya Uni ted naik satu strip ke pe - ring kat ketiga. Sementara Maung Bandung gagal ke pun - cak klasemen grup. Atep dan ka wan-kawan turun satu pe - ring kat keempat dengan me - ngo leksi tiga poin, atau ter - tinggal dua poin dari PS TNI se - bagai pemuncak klasemen.

Serangan Cepat Sejak peluit dibunyikan, Su rabaya United langsung me - lancarkan serangan cepat. Fan di Eko Utomo sempat men - ce tak gol saat memanfaatkan bo la liar di dalam kotak penalti la wan.

Namun, gol tersebut di - anulir karena Fandi dianggap offside. Semenit kemudian, giliran Ped ro Javier yang melepaskan an ca man setelah me man faat - kan umpan terobosan Ilham Udin. Sayang, bola sontekan Ped ro masih melenceng. Persib berusaha keluar dari te kanan. Sebuah tendangan be bas Gian Zola nyaris men - jadi gol jika kiper Thomas Rian tak sigap menepis bola pada me nit ke-31.

Semenit kemudian, giliran Ilija Spasojevic yang me le pas - kan ancaman melalui tan du - kan keras yang dilepaskannya. Sa yang, bola hasil tandukan Spa so masih membentur mis - tar. Pelatih Persib, Djadjang Nur d jaman, mencoba me ro - tasi pemainnya dengan me ma - suk kan Makan Konate dan Fir - man Utina. Kedua pemain ter - se but menggantikan Zola dan Feb ri tepat enam menit selepas wa ter break.

Pada menit ke-42, Spaso nya ris mencetak gol indah. Da - ri luar kotak penalti, Spaso meng gunakan punggung kaki me lepaskan tembakan keras. Na mun, Spaso dipaksa gigit jari karena bola hasil tem ba - kan nya masih bisa di men - tahkan Thomas. Memasuki babak kedua, Per sib mencoba mengambil ini siatif permainan.

Namun, usaha Maung Bandung harus di bungkam oleh gol yang di - ciptakan Rudi Widodo pada me nit ke-63. Rudi mencetak gol dengan me manfaatkan kemelut di de - pan gawang lawan dari ten da - ngan bebas Evan Dimas. Kebobolan, pelatih Dja - djang Nurdjaman meng gan ti - kan Dias dan Spaso dengan Tan tan dan Tony pada menit ke-64. Serangan Persib terlihat ma sih buntu.

Keasyikan menyerang, Per - sib nyaris kebobolan pada me - nit ke-87. Kiper Made Wi ra - wan melakukan blunder saat me nangkap bola dari lawan. Be runtung, bola liar yang di - kua sai Evan Dimas masih bisa di selamatkan Pagbe yang be ra - da di bawah mistar. Meski empat menit di be ri - kan wasit untuk perpanjangan wak tu, Persib Bandung masih kes ulitan dalam menyamakan ke dudukan. Sehingga ke du - dukan 1-0 pun tak berubah. Per sib kalah dari Surabaya Uni - ted dan terpaksa harus me - nem pati peringkat keempat kla semen sementara Grup C.

Muhammad ginanjar




Berita Lainnya...