Edisi 22-11-2015
Sukabumi Dinilai Paling Kondusif


SUKABUMI - Dibanding daerah lain di Ja wa Barat, Kabupaten Sukabumi dinilai menjadi daerah yang dinilai paling kondusif menjelang penyelenggaraan pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil M - anik mengatakan, sampai se - jauh ini di Sukabumi belum ter - dengar hal-hal serius ter kait penyelenggaraan Pilkada se - rentak. “Tidak ada hal kru sial di Kabupaten Sukabumi, bah - kan aman-aman saja,” ujar Husni kepada wartawan seusai mem berikan materi seminar di salah satu sekolah di Su ka bu mi,kemarin.

Meskipun begitu, kata Hus ni, KPU Kabupaten Su ka - bu mi harus tetap waspada. Apa lagi dalam perpolitikan tidak ada yang bisa menduga apa yang akan terjadi ke de pan - nya. “Waspada harus, mes ki - pun selama ini aman ter ken - dali,” sambungnya. Terkait kondisi gudang pe - nyi mpanan logistik dan surat sua ra Pemilukada Kabupaten Su kabumi di GOR yang belum se lesai, Husni tidak mem per - ma salahkan.

Menurutnya, se - lama ada penjagaan dan tidak ter kena air hujan serta tidak ber potensi kebakaran, pe - nyim pan surat suara di Ka bu - pa ten Sukabumi tak jadi ma - salah. “Meskipun kondisi sea - danya, tapi dengan pe nga ma - nan yang ketat bisa lebih aman,” ujarnya.

Apalagi dari segi pe nga ma - nan, kata dia, tempat pe nyi m - panan surat suara di Ka bu pa - ten Sukabumi ini, dijaga oleh dua Polres, yakni Polres Su ka - bumi Kota dan Polres Su ka bu - mi. Selain itu cepatnya proses da ri mulai sortir hingga pack - ing ini, semakin mem per sem - pit tindak kecurangan atau ke - tidak amanan.

Bahkan di ban - ding daerah lain, Kabupaten Su kabumi persiapan lo gis tik - nya sangat cepat. Ketua KPU Kabupaten Su - ka bumi Dede Haryadi me nga - ta kan, sampai saat ini ke kha - wa tiran peserta pemilu me - ngenai penyimpanan surat sua ra tak terbukti. Sebab sam - pai saat ini, dengan penjagaan da ri aparat kepolisian GOR ma sih aman.

“Aparat ke po li - sian di sini berjaga selama 24 jam, jadi kecil kemungkinan tin dakan pencurian,” be ber - nya.Sedangkan untuk an t i si - pasi banjir ataupun surat suara ba sah, saat ini kondisi GOR. Le bih tinggi dibanding badan ja lan. Selain itu, saat ini surat sua ra sudah dibungkus oleh plas tik. Dede menambahkan, se mua hal mengenai logistik su dah KPU Kabupaten Su ka - bumi antisipasi.

Termasuk ting ginya curah hujan di Ka bu - pa ten Sukabumi. Sementara itu, Anggota Ba - waslu Provinsi Jawa Barat, Yu - sup Kurnia mengatakan, mes - ki pun masih aman, namun po - tensi kecurangan di Ka bu pa - ten Sukabumi termasuk tin g - gi. Apalagi dalam Pilkada Ka - bu paten Sukabumi diikuti ca - lon incumbent.

“PNS dan kepala desa di Ka - bu paten Sukabumi berpotensi be sar untuk tidak netral dalam pe milukada di Kabupaten Su - ka bumi. Hal itu dikarenakan ada nya calon bupati ataupun wa kil bupati yang menjadi in - cum bent dalam pesta de mok - rasi tahun ini,” ungkapnya. Menurutnya daerah yang di dalamnya ada peserta pe mi - lu dari incumbent, PNS dan ke - pa la desanya harus diawasi de - ngan ketat.

Hal itu di kha wa - tirkan adanya penggiringan PNS untuk memilih salah satu pa sangan calon. Sebab lanjut Yusup, Dalam Pil kada, PNS dan kepala desa di la rang untuk terlibat, baik se cara langsung ataupun tidak lang sung. Apabila ada yang ter - bukti terlibat ada sanksi bagi pa ra PNS dan kepala desa. “Jadi net ralitas PNS dan kepala desa itu mutlak,” pungkasnya.

Fajar sidik supriadi




Berita Lainnya...