Edisi 22-11-2015
35 Pelaku Usaha Pemula DIY Terima Bantuan Modal


YOGYAKARTA – Sebanyak 35 pelaku usaha pemula di DIY menerima bantuan permodalan dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop- UKM). Bantuan tersebut diberikan kepada mereka yang sebelumnya mengikuti pelatihan pada September lalu.

Ketua Jaringan Ambar Tjahyono (JAT) Dwi Henry mengatakan pengucuran bantuan modal usaha merupakan fasilitasi yang dilakukan anggota Komisi VI DPR Ambar Tjahyono. "Pemberdayaan terhadap pelaku UKM dan IKM harus terus dilakukan agar memiliki daya saing, terlebih persaingan ke depan makin berat," kata Dwi saat pemberkasan bantuan di Hotel Bifa Yogyakarta kemarin.

Untuk siapa yang berhak menerimanya semua tergantung verifikasi yang dilakukan oleh Kemenkop-UKM. "Setelah diverifikasi Kemenkop- UKM secara cermat terhadap proposal yang disampaikan. Akhirnya 35 berkas yang disetujui," sebutnya. Menurut dia, para wirausaha DIY yang mendapatkan bantuan modal usaha ini sebagian besar bergerak di bidang kerajinan, mebel, dan kuliner.

Bantuan modal usaha ini diberikan kepada pelaku usaha perorangan dengan besaran bantuan ratarata sebesar Rp10 juta per pelaku usaha. Anggota Komisi VI DPR RI Ambar Tjahyono berharap, salah satu kriteria calon penerima bantuan adalah kerasi dan inovasi terhadap produk yang dihasilnya.

"Salah satunya adalah pelaku usaha di Semin Gunungkidul yang membuat olahan mi dari tepung yang berasal dari singkong gajah. Kreasinya dan inovatif membuat tidak tergantung dengan tepung terigu," papar Ambar.

Ridwan anshori

Berita Lainnya...