Edisi 22-11-2015
Jalan Depan Stasiun Lempuyangan Searah


YOGYAKARTA – Uji coba penambahan jalan searah untuk mengurai kepadatan mulai dilakukan saat Libur Natal tahun ini. Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memilih Jalan Depan Stasiun Lempuyangan untuk dijadikan satu arah berlaku saat Libur Natal dan Tahun Baru 2016.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Yogyakarta Golkari Mde Yulianto mengatakan hasil studi rekayasa lalu lintas di kawasan Lempuyangan sudah selesai. Studi juga dilakukan pada ruas jalan Prawirotaman dan Jalan Tirtodipuran. “Khusus untuk Lempuyangan akan dilakukan pada 20 Desember sampai 5 Januari atau bertepatan dengan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2016,” ucap Golkari kemarin.

Nanti jalan di depan Stasiun Lempuyangan akan dibuat searah dari barat ke timur. Rekayasa seperti ini sempat dilakukan pada masa angkutan Lebaran tahun ini. Dia berharap penerapan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan jalan searah mampu mengurangi beban jalan sehingga arus lalu lintas menjadi lebih lancar.

Apalagi ruas jalan di daerah itu sangat terbatas tapi arus lalu lintas cukup padat. Kepadatan lalu lintas karena aktivitas calon penumpang saat akan masuk dan keluar dari stasiun. Ditambahlagi adanya parkir di badan jalan yang mengurangi lebar jalan. “Saat diterapkan pada libur Lebaran lalu, kondisi jalan di depan stasiun cukup lancar meskipun tetap ramai dengan kendaraan,” ungkap Golkari.

Untuk kawasan Prawirotaman, uji coba jalan searah baru akan dilakukan awal tahun depan. Jalan Prawirotaman akan diberlakukan satu arah ke timur dari Jalan Parangtritis, sedangkan Jalan Tirtodipuran diberlakukan satu arah ke barat dari Jalan Parangtritis.

“Uji coba penerapan jalan satu arah di Jalan Lempuyangan, Prawirotaman, dan Tirtodipuran itu sekaligus menjadi sosialisasi mengenai rencana penerapan rekayasa lalu lintas jalan searah secara permanen,” katanya. Selain kedua kawasan tersebut, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga melakukan kajian rekayasa lalu lintas jalan searah di Jalan AM Sangaji.

Sodik

Berita Lainnya...