Edisi 09-01-2016
Menperindag Rusia Minta Dukungan DPD


JAKARTA – Ketua DPD Irman Gusman menerima kunjungan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) Rusia sekaligus Ketua Sidang Komisi Bersama (SKB) Kerja Sama Perdagangan, Ekonomi, dan Teknis Rusia-Indonesia Denis Manturov beserta delegasi perindustrian dan perdagangan Rusia di ruangan delegasi DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Denis menyampaikan keinginan Rusia untuk meningkatkankerjasamainternasional di sektor industri yang mendukung berbagai proyek di Indonesia, seperti infrastruktur jalan tol dan pelabuhan laut, perkapalan, perkeretaapian, penerbangan sipil dan militer, pertahanan, nuklir dan kelistrikan, dan pengolahan alumina.

Dia memimpin delegasi ke Indonesia yang terdiri atas Rostec State Corporation, Rosoboronexport State Corporation, Russian Railways, United Aircraft Corporation (UAC), United Shipbuilding Corporation (USC), United Company RUSAL (UC RUSAL), dan Rosatom State Nuclear Energy Corporation.

Mikhail Yurievich Galuzin (Duta Besar Federasi Rusia untuk RI) turut mendampingi kunjungan itu. Dalam pertemuannya dengan Irman, Denis menjelaskan hasil pembicaraannya dengan Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Bersama para menteri itu, dia menyampaikan keinginan pihaknya untuk meningkatkan kerja sama internasional. Pemerintah Federasi Rusia menyiapkan roadmap rencana investasi Rusia di Indonesia. Denis menekankan keunggulan teknologi Rusia dan komitmen pihaknya berinvestasi di Indonesia. ”Kami mendorong pengembangan industrial di daerah,” ujarnya.

Untuk kelanjutan investasi di Indonesia itu, Rusia membentuk lembaga dana investasi yang akan bermitra dengan lembaga dana investasi sejenis di Indonesia. Rusia juga menjalin kerja sama antarlembaga dana investasi bersama Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan China.

Pada kesempatan itu, Irman meyakinkan Denis bahwa DPD mendorong Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan kerja sama internasional di sektor industri. ”Kami dukung berbagai kerjasama disektor industri,” ucapnya yang didampingi Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad dan Sekjen DPD Sudarsono Hardjosoekarto.

hunaifi mas’oed

Berita Lainnya...