Edisi 09-01-2016
Anak Muda Harus Miliki 21ST Century Skills


Indonesian Youth Conference merupakan salah satu program tahunan Perkumpulan Sinergi Indonesia Muda atau yang disingkat menjadi Sinergi Muda.

Komunitas yang berdiri sejak 2012 ini bertujuan memberdayakan anak muda Indonesia agar dapat memberikan kontribusi positif terhadap sesama dan negara. Anak muda diharapkan dapat memberikan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah di lingkungan sekitarnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sinergi Muda memiliki empat misi, yakni mendengarkan, mengenalkan, menghubungkan, dan mewujudkan.

“Mendengarkan berarti kami ingin menggali gagasan anak muda, memperkenalkan beragam topik dan pembahasan yang dekat dengan anak muda, menghubungkan anak muda dari seluruh Indonesia melalui forum, dan mendorong anak muda untuk bermitra dengan orang lain agar dapat mewujudkan ide mereka,” kata Gilang Pratama Putra, Ketua Sinergi Muda.

Menurut dia, kekuatan terbesar Indonesia adalah sumber daya manusia. Dari segi pemahaman dan kemampuan, anak muda tidak dapat bersaing jika tidak mempersiapkan diri dari sekarang. Oleh karena itu, lanjut Gilang, anak muda harus memiliki 21st century skills . Dalam website k12.thoughtfullearning.com, 21st century skills terdiri atas tiga jenis, yakni learning skills, literacy skills , dan life skills .

“Anak muda sekarang ini penting untuk memahami 21st century skills. Banyak hal lain yang harus dipersiapkan, seperti pengetahuan dan mau berkolaborasi dengan teman seumuran atau yang lebih tua,” lanjutnya.

LANI DIANA
Mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara

Berita Lainnya...