Edisi 30-01-2016
Rekomendasi


Dalam beberapa tahun terakhir banyak novel thriller karya penulis Indonesia yang tidak kalah kualitasnya dibandingkan penulis dari luar negeri. Nah, GEN SINDO merangkumnya untuk kalian.

Tiga Sandera Terakhir (Brahmanto Anindito)
Novel ini diciptakan penulis Satin Merah pada 2015. Bercerita tentang penyanderaan yang dilakukan 5 warga negara di sebuah desa di Papua. Tiga di antaranya merupakan WNA. Nah, semua telunjuk mengarah pada OPM. Namun, OPM menyangkalnya karena mereka menganggap sudah tidak menggunakan cara-cara ekstrem seperti menyandera demi perjuangan kemerdekaan Papua Barat.

Rencana Besar (Tsugaeda)
Novel berjumlah 384 halaman ini menceritakan 3 karakter tokoh yang dituduh melenyapkan uang Rp17 miliar dari pembukuan Universal Bank of Indonesia. Penyelidikan serius dilakukan dari balik selubung demi melindungi reputasi UBI. Akan tetapi, bagaimana jika kasus tersebut hanya awal dari sebuah rencana besar?

Misteri Patung Garam (Ruwi Meita)

Novel thriller karya Ruwi Meita ini terbit pada 2015 silam. Bercerita tentang Kimi Lamari yang menemukan seorang pianis tak bernyawa puluhan tahun lalu, terduduk di depan pianonya dengan bibir terjahit. Seluruh tubuh pianis tersebut dilumuri adonan garam, sementara sang pembunuh masih terus berkeliaran.

(Anastasia Aemilia)
Novel yang beredar 2 tahun lalu ini bercerita tentang Tara Johandi, gadis berusia delapan belas tahun. Ia menjadi satu-satunya saksi dalam perampokan tragis di rumah pamannya di Bandung. Salah satu psikiater, Alfons, berusaha melepaskan traumanya. Ada sesuatu dalam masa lalu Tara yang disembunyikannya rapat. Katarsis yang memiliki arti penyucian membuat pertanyaan apakah Tara hanya seorang korban atau ia menyembunyikan jejak masa lalu yang kelam?

Seruak (Vinca Callista)
Novel dengan 440 halaman ini menceritakan kesebelas pribadi yang sedang melakukan kuliah kerja nyata di Desa Angsawengi. Pada awalnya hubungan mereka hanya seputar program kerja di desa serta persahabatan di antara mereka. Namun, ada orang-orang yang sengaja menakutnakuti mereka. Mereka terus-menerus diteror dan menguak rahasia yang menggiring mereka ke misteri yang nyatanya melibatkan salah seorang pribadi bernama Bonie.

ARIEF ALQORI
GEN SINDO STIKES BInawan