Edisi 31-01-2016
Pemuda Harus Jadi Bagian Solusi Bangsa


JAKARTA – Di tengah kondisi bangsa yang menghadapi banyak tantangan, pemuda Indonesia harus tampil menjadi bagian dari solusi. Pemuda dituntut mampu mengambil peran dan berkontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Beberapa masalah yang dihadapi bangsa yang menyangkut kepemudaan antara lain tingginya angka pengangguran akibat minimnya lapangan kerja dan maraknya penyalahgunaan narkotika. Dalam kondisi itu pemuda diharapkan tetap berpikir positif dan siap bersamasama pemerintah mencari jalan keluar.

”Kepada pemuda saya harapkan tetap positif thinking, bangunlah Indonesia karena masa depan ada di tangan generasi muda,” ujar Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) saat menyampaikan pengarahan kepada Pemuda Perindo di Gedung DPP Perindo Jalan Diponegoro, Jakarta, kemarin.

Menurut HT, kader-kader muda Perindo yang nantinya akan meneruskan tongkat kepemimpinan partai harus bisa mengaktualisasi visi dan misi partai untuk menyejahterakan masyarakat. Khusus masalah narkotika, HT mengaku prihatin karena dalam beberapa waktu terakhir permasalahan mengenai zat adiktif ini meresahkan masyarakat.

Perlu dibangun kesadaran oleh pemuda untuk proaktif memerangi narkotika karena dampaknya yang merusak generasi, termasuk mereka yang usia produktif. ”Saya berharap supaya (jumlah penyalah guna) narkoba ini bisa turun karena belakangan tumbuhnya sangat pesat,” kata HT. Di lain sisi, dengan modal stamina yang kuat dan semangat yang tinggi, pemuda Indonesia yang jumlahnya sangat besar memiliki potensi untuk dikembangkan.

Untuk itu, menurut HT, penting generasi muda dididik menjadi seorang pengusaha yang mandiri dan bisa mengembangkan bidang usaha masing-masing. Dia menilai program pemerintah yang memberikan pembekalan kepada pemuda untuk menjadi pengusaha masih jarang dilakukan. ”Ini penting sekali biar mereka bisa tersalurkan dengan baik dan menjadi bagian penting pembangunan Indonesia,” tambahnya.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan, pengarahan HT kepada generasi muda, khususnya organisasi sayap Pemuda Partai Perindo, bagian dari orientasi visi dan misi partai untuk jangka panjang. Selain itu menjadi bagian dari komitmen bersama dalam membangun bangsa melalui generasi muda.

Salah satu keunggulan Indonesia saat ini bila dibandingkan dengan bangsa lain adalah bonus demografi di mana penduduk dengan usia muda lebih besar jumlahnya daripada angkatan lain. Potensi ini harus dimaksimalkan demi mewujudkan cita-cita untuk menyejahterakan bangsa. ”Anak muda diberi pemahaman terkait dengan apa yang mesti kita lakukan untuk menyejahterakan bangsa ini,” ujar Rofiq.

Selain bertujuan memberikan perspektif kebangsaan, pengarahan Ketua Umum kepada Pemuda Partai Perindo tersebut juga berkaitan dengan kepemimpinan. Pemuda Perindo diharapkan bisa sukses dalam menerima tongkat estafet kepemimpinan. Hal tersebut penting mengingat tantangan bangsa yang akan dihadapi ke depan akan jauh lebih berat.

Khusus mengenai kesadaran pemuda agar lebih peduli pada lingkungan sekitar, Rofiq mengatakan pesan dari Ketua Umum tersebut sangat relevan dan penting. Dia mencontohkan bagaimanaPemuda PartaiPerindo bisa berperan menjadi bagian dari upayamemeranginarkotika yang ada lingkungan sekitarnya.

”Kampanye antinarkoba juga bisa jadi bagian dari kegiatan yang strategis, yakni bagaimana agar pemuda bermanfaat bagi masyarakat,” lanjut Rofiq. Rofiq menegaskan posisi organisasi sayap sangat penting bagi kemajuan partai. Itu sebabnya setiap aktivitas dan kebijakan partai juga harus menjadi kebijakan bagi semua organisasi sayap, termasuk Pemuda Perindo.

Dian ramdhani