Edisi 31-01-2016
Reuni Sastra Unpad Hadirkan Teater dan Pentas Puisi


JAKARTA - Berbagai karya kreatif para alumni akan dipamerkan dalam reuni akbar Fakultas Sastra/Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjajaran (Unpad) pada Sabtu, 6 Februari 2016 di Kampus FIB, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Reuni akbar bertajuk Hari-Hari Sastra Reunian (H2S Reunian) ini mengambil tema ”Kembali Satu di Kampus Biru”. Karya-karya tersebut antara lain naskah puisi, buku, novel, jurnal, naskah drama, komik, rekaman musik serta musikalisasi puisi, karya fotografi, sinema, lukisan, kerajinan tangan, dan lainnya.

Akan digelar pula pementasan Teater Djati dan pembacaan puisi oleh sejumlah seniman jebolan Fakultas Sastra/FIB Unpad termasuk novelis Gol A Gong, penulis serial novel Balada Si Roy . Pria bernama asli Heri Hendrayana Harris ini adalah pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten, dan Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Indonesia.

Menurut Ketua Pelaksana H2S Reunian Yuszak M Yahya, pihaknya mengumpulkan karya- karya para alumni sebagai ajang ekspresi dan apresiasi antarcivitas kampus. Dengan begitu, reuni bukan sekadar sebagai sarana untuk bernostalgia tapi juga menjadi ajang temu pengarang dengan pembaca maupun diskusi sesama pengarang.

”Semua karya para alumni tersebut kami hadirkan di area Lihat, Dengar, Baca atau LDB di lokasi reuni,” ujar Yuszak dalam keterangan pers di Jakarta kemarin. H2S Reunian diperkirakan akan dihadiri sekitar 5.000 alumni Fakultas Sastra/FIB Unpad dari semua angkatan.

Musisi balada Mukti Mukti dijadwalkan tampil di panggung utama bersama band yang mengusung genre musik folks, Deu Galih N Folks. Akan tampil pula band-band kampus yang pernah berjaya pada masanya. Sejumlah selebritas yang pernah berkuliah di Fakultas Sastra Unpad pun akan hadir ber-jam session .

Mereka di antaranya adalah Noey ”Java Jive”, Magi ”/rif”, Trisno ”Pas Band”, dan Arief ”Pure Saturday”. Rangkaian acara akan dipandu oleh Joe ”P Project” dan Uus ”Stand Up Comedy”. Sekretaris panitia H2S Reunian Yolanda Nadapdap menambahkan, dalam reuni akbar ini terdapat area Museum Sastra yang memajang ratusan foto dan barang pembangkit memori kolektif para alumni dari berbagai angkatan dan berbagai jurusan.

”Kita bisa mengenang dan beromansa tentang kehidupan serta aktivitas kita saat kuliah dulu,” jelasnya. Konsep reuni akbar ini, lanjut dia, adalah simpel dan gratis. Selain sebagai ajang silaturahmi dan bernostalgia, kegiatan ini juga diarahkan untuk menyinergikan berbagai potensi para alumni untuk semakin memajukan kampus, memberdayakan sesama alumni, bahkan membangun hubungan profesional maupun sosial demi kemajuan bersama.

H2S Reunian bakal ditandai dengan pembentukan Career Development Center (CDC) bagi para lulusan Fakultas Sastra/FIB Unpad. Sementara Dekan FIB Unpad Yuyu Yohana Risagarniwa sangat mengapresiasi inisiatif para alumni untuk menggelar reuni akbar.

”Saya merasakan spirit yang kuat dari para alumni untuk bersilaturahmi, berbagi kenangan, kemudian saling menguatkan melalui pembentukan database alumni dan Career Development Center atau CDC. Terlebih, acara ini juga ber-kolaborasi dengan para mahasiswa yang masih kuliah,” ujar Yuyu.

Armydian kurniawan