Edisi 31-01-2016
Barcelona Mantap di Puncak


BARCELONA – Langkah Barcelona mempertahankan mahkota Primera Liga semakin mulus. Klub Katalan tersebut mantap duduk di puncak klasemen setelah mengalahkan Atletico Madrid 2-1 di Camp Nou, kemarin.

Pada laga yang disiarkan RCTI tadi malam WIB, Barcelona berjaya berkat kontribusi Lionel Messi dan Luis Suarez. Sedangkan gol Atletico dicetak Jorge ‘Koke’ Resurreccion. Inilah torehan ke-21 Messi di seluruh kompetisi musim ini. Dia tertinggal 10 gol dibelakang Suarez. Sumbangsih keduanya membantu Barcelona mengoleksi 51 poin dari 21 pertandingan.

Pasukan Luis Enrique memimpin tiga angka atas Atletico yang bermain sekali lebih banyak. El Azulgrana juga unggul rekor pertemuan melawan Los Colchoneros karena juga berjaya 2-1 di Estadio Vicente Calderon, September 2015. Superioritas ini penting jika kedua klub memiliki nilai sama saat kompetisi berakhir.

Meski dominan, Barcelona sempat kesulitan menampilkan permainan terbaik pada awal partai versus Atletico. Mereka tertekan dan bahkan tertinggal pada menit kesepuluh. Koke meneruskan umpan silang Saul Niguez untuk menaklukkan kiper Claudio Bravo. Gol itu gagal membangunkan Barcelona. Beberapa kali lini belakang tuan rumah terancam.

Permainan keras tim tamu, lewat berbagai pelanggaran yang berujung kartu kuning Diego Godin dan Gabi Fernandez, turut menghambat El Azulgrana. Semua berubah ketika waktu pertandingan mendekati setengah jam. Neymar menemukan Jordi Alba di sisi kanan pertahanan Atletico.

Bek asal Spanyol itu kemudian mengambil waktu sebelum mengirim bola ke Messi, yang tanpa ampun melesakkan bola ke gawang. Barcelona membalikkan keadaan pada menit ke-38. Umpan panjang Dani Alves membelah konsentrasi bek Atletico. Suarez tanpa kesulitan menciptakan gol dengan Jose Maria Gimenez terlambat menghadang.

Nestapa Atletico di babak pertama lengkap menyusul kartu merah Filipe Luis. Tim tamu kehilangan bek asal Brasil itu setelah tekelnya mengenai lutut Messi. Unggul jumlah pemain, Barcelona nyatanya sulit memperlihatkan dominasi mereka di babak kedua. Atletico beberapa kali hampier menyamakan kedudukan.

Penetrasi Yannick Carrasco susah payah dihentikan Gerard Pique. Sedangkan sontekan Antoine Griezmann masih mengenai kaki Bravo. Sayang, momentum baik ini tidak bertahan lama. Pelanggaran Godin terhadap Suarez berbuah kartu kuning kedua bagi bek asal Uruguay tersebut.

Bermain sembilan orang, Atletico tidak mampu berbuat banyak. Mereka beruntung tidak menderita kekalahan lebih besar. Hasil melawan Atletico meyakinkan manajemen Barcelona untuk tidak turun ke pasar transfer. Klub Katalan tersebut memastikan tidak akan beraktivitas meski bursa pemain masih dibuka hingga Senin (1/2).

El Azulgrana menambah Arda Turan dan Aleix Vidal ketika registrasi paruh musim dibuka 4 Januari silam. Mereka sebenarnya sudah membeli kedua pemain tersebut musim panas lalu. Namun, Barcelona baru bisa mendaftarkan Turan dan Vidal bulan ini karena embargo FIFA. Enrique menerima keputusan klub.

Pelatih berusia 45 tahun itu sebenarnya ingin menambah amunisi dengan menggaet Manuel Agudo Duran, yang lebih dikenal sebagai Nolito. Tapi, direksi klub memilih tidak menindaklanjuti pendekatan terhadap punggawa Celta Vigo tersebut. ”Tidak benar terjadi perselisihan antara petinggi dan saya terkait transfer.

Kami semua menginginkan yang terbaik bagi Barcelona,” ungkap Enrique. Di lain pihak, kekalahan ini memperpanjang periode buruk Atletico. Mereka kini tidak pernah menang di empat pertandingan, dua di antaranya berujung kekalahan agregat 2- 3 dari Celta pada perempat final Copa del Rey.

Harley ikhsan