Edisi 04-02-2016
4.921 Siswa Kota Tegal akan Hadapi UN SMP


TEGAL – Sebanyak 4.921 siswa di Kota Tegal akan menjadi peserta ujian nasional (UN) tingkat SMP tahun ini. Dinas Pendidikan setempat segera mencetak dan mendistribusikan kartu peserta ke semua sekolah pada pekan ini.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Tegal Sudoro mengatakan pendataan calon peserta UN tingkat SMP dilakukan dengan mengacu pada Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk sekolah negeri dan Education Management Information System (EMIS) untuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). “Dari hasil pendataan yang sudah kami lakukan, jumlah calon peserta UN untuk tingkat SMP mencapai 4.921 siswa. Mereka berasal dari 37 SMP dan MTs,” ujar Sudoro kemarin.

Menurut Sudoro, hasil pendataan tersebut selanjutnya akan segera ditindaklanjuti dengan proses validasi dan pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) atau kartu peserta UN. Setelah dicetak, DNT akan didistribusikan ke seluruh sekolah yang melaksanakan UN. “Untuk tingkat SMP, daftar peserta sudah selesai dipetakan dan tinggal menunggu validasi dan pencetakan DNT saja. Setelah dicetak, pendistribusian DNT pada awal-awal bulan ini (Februari),” ujarnya.

Adapun jadwal UN tingkat SMP seperti yang diterima Dinas Pendidikan dari Dinas Pendidikan Provinsi yakni pada 9-12 Mei. Selanjutnya, UN susulan dilaksanakan pada 16-19 Mei. Sementara untuk UN Paket B, jadwal pelaksanaan pada 9-11 Mei untuk UN utamadan16- 18MeiuntukUNsusulan. “Kalau UN CBT tingkat SMP, jadwal pelaksanaannya hanya berbeda dengan UN CBT susulan yang lebih pendek yakni tanggal 16-17 Mei,” ungkap Sudoro.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Johardi meminta sekolah terus memantapkan persiapan dalam menghadapi pelaksanaan UN, terutama kesiapan siswa yang menjadi peserta. Dengan demikian, hasil UN yang diraih bisa maksimal.

“Dalam persiapan siswa, kami dorong untuk bisa menyeluruh baik dari segi penguasaan materi, kondisi fisik, dan tentunya kesiapan mental dengan kegiatan rohani agar siswa lebih siap menghadapi UN,” ucapnya.

farid firdaus

Berita Lainnya...