Edisi 04-02-2016
Kauman Dicanangkan Jadi Kampung Alquran


SEMARANG –Kampung Kauman di Semarang Tengah, menjadi Kampung Quran. Setiap hari, di kampung ini akan diisi kegiatan-kegiatan berkaitan dengan kitab suci umat Islam itu.

Ketua Panitia Pencanangan Kampung Quran Muhaimin mengatakan, secara resmi kampung Quran ini akan dicanangkan oleh Pj Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto Sabtu (6/2) petang. Tavip akan memberikan papan nama 'Kampung Quran' kepada perwakilan pengurus Masjid Kauman dan dipasang di gapura kampung. “Di Kauman selama ini banyak kegiatan tilawah quran yang diikuti warga setempat dan sekitarnya,’’ katanya, kemarin.

Wilayah yang membentang dari Masjid Kauman hingga Kranggan ini sudah menjadi basis pengajaranilmuagamaislamsejak 1952. Kegiatan masyarakat dekat dengan Quran. Ada lima pesantren, di kawasan ini, salah satunya Pesantren Raudlatul Quran. Sejauh ini lebih banyak warga dari luar daerah yang belajar ke sini, seperti dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Malaysia.

Santri-santri yang sedang menghafal Quran, hidup dalam asrama-asrama. Ditempat inijuga terdapat satupercetakanAl quran. Guru-guru mengaji di Kauman, mempunyai pemahaman pemahaman Islam yang moderat, sehingga diharapkan juga bisa mencegah munculnya radikalisme agama karena pemahaman terhadap quran yangsalah. Mereka mempunyai sanad hingga ke Nabi Muhammad SAW.

“Pengajar quran di pesantren Raudlatul Quran ada 19 dan pengajar kitab kuning 11. Sedangkan jumlah santri penghafal quran saat ini ada 106 yang putri dan putra 54,’’ ujarnya. Pengasuh Pondok Pesantren Radhatul Quran, Khammad Ma'sum, mengatakan, Kampung Quran nanti akan mengadopsi dari Kampung Inggris di Pare, Kediri. Para santri akan mendapat paket belajar quran, mulai dari harian, akhir pekan, bulanan hingga tahunan sampai hafal 30 juz.

“Setiap hari akan ada kegiatan mengaji dan mengkaji quran oleh masyarakat. Nanti juga akan membuat progam takhasus, yaitu tempat bagi orang yang ingin menguji kemampuan membaca quran secara benar baik bil nadlor maupun bil gloib,” katanya.

m abduh


Berita Lainnya...