Edisi 04-02-2016
75% Anggota Polri Belum Dapat Rumah Dinas


YOGYAKARTA – Rumah su - sun baru untuk anggota Bri ga - de Mobil (Brimob) di Kom pleks Ma ko Brimob Polda DIY, Ba ci - ro, diresmikan. Kebu tuh an ru - mah untuk anggota Polri masih cukup besar karena baru 25% yang mendapat fasilitas pe ru - mahan dinas dari 10.687 ang - gota kepolisian di DIY.

Rusun yang diresmikan Asis ten SDM Kapolri Irjen Pol Sabar Raharjo dan Dirjen Pe - nye diaan Perumahan Kemen - te ri an PU Perumahan Rakyat, Syarif Burhanudin. Rusun satu tower block tiga lantai terdiri dari 34 pintu tipe 45 meter, luas bangunan mencapai 1.188 me - ter persegi. Irjen Sabar Saharjo menga - takan, perumahan memiliki fung si yang cukup strategis un tuk memotivasi dan men - du kung kinerja anggota kepolisi an.

"Rusun yang baru saja di res - mikan akan membantu per so - nel Polri, tidak hanya da lam memenuhi kebutuhan primer tetapi juga mendukung ki - nerjanya ang go ta," kata mantan Kapolda DIY ini. Dia mengakui, belum seluruh anggota Polri mendapat fa - silitas rumah dinas. Dari to tal 429.459 anggota Polri, baru 19,6% saja yang sudah mendapatkan rumah dinas atau se ba - nyak 84.207 orang. Pe me nuh - an kebutuhan rumah terus di - upayakan dalam lima tahun terakhir.

Dia menjelaskan, sampai 2014 lalu, Polri sudah menerima bantuan rusun sebanyak 78 twin block dan 401 rumah khu - sus (rusus) yang tersebar di polda- polda. Pada 2015, dibangun 41 twin block dan rusus 1.044 unit. Tahun ini, diusulkan un - tuk dibangun rusun 50 twin block dan rusus 550 unit. Sementara, Syarif Burhanu - din, Dirjen Penyediaan Ru mah Kementerian PUPR menga ta - kan, kebutuhan rumah se ti ap ta hun mencapai 800.000, na - mun kemampuan masya ra kat, pengambang, dan peme rin tah hanya sebanyak 400.000.

Se - hing ga masih ada kekurangan 400.000 dari jumlah kebutu - han. Dia menambahkan, ke de - pan seiring pertumbuhan penduduk dan keterbatasan lahan, maka perumahan diarahkan pada perumahan vertikal alias rusun. Namun, di daerah-dae rah tertentu masih dimungkinkan membangun rumah khu sus karena ketersediaan lahan masih sangat memungkinkan. Sekda DIY Ichsanuri menilai, pembangunan perumahan sa ngat positif bagi Polri.

Ini se - jalan dengan program moder - ni sasi alat utama sistem per - senjataan (alutsista) TNI-Polri yang harus diiringi dengan ke - sejahteraan. "Meski belum me menuhi kebutuhan, tapi tetap perlu disyukuri karena turut mendorong kebutuhan ang go ta Polri yang layak," katanya.

sodik

Berita Lainnya...