Edisi 04-02-2016
Izin Kian Mudah, Modal Masuk Diprediksi Rp1.7 M


BATU – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko memprediksikan jumlah investasi bidang perhotelan, hiburan, dan restoran, pada tahun ini melejit menjadi Rp1,7 miliar. Kondisi ini terjadi karena kian mudahnya izin investasi di Kota Wisata tersebut.

”Tahun ini mulai diurus perizinan hotel bintang lima. Pembangunannya tahun depan. Akan dibangun juga wahana permainan baru yang melebihi di Singapura. Termasuk rumah makan akan berdiri tahun ini banyak jumlahnya,” kata Eddy Rumpoko. Dia yakin masuknya investasi ini akan mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan. Selain itu, roda ekonomi akan lebih cepat berputar sehingga menggenjot pendapatan per kapita penduduk.

”Pemerintah akan membantu pengurusan perizinan yang diajukan investor. Tidak akan membebani apa pun kepada mereka,” ujarnya. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia(PHRI) Bambang Satya Dharma menyatakan, sudah mendengar akan ada pendirian hotel baru di Kota Batu. Menurutnya, hal itu tidak akan mengganggu keberadaan hotel yang sudah ada. Hal yang akan dilakukan PHRI menyiapkan sumber daya manusia untuk menyambut investor besar itu.
”Kami menyambut baik rencana investasi itu. Yang kami lakukan sekarang mempersiapkan SDM agar bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. Apalagi sekarang menghadapi program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” katanya.

maman adi saputro

Berita Lainnya...