Edisi 04-02-2016
203 Pejabat Eselon Dirotasi dan Dimutasi


CIAMIS – Bupati Ciamis Iing Sy am Arifin merotasi 203 pe ja - bat eslon III, IV, dan V , serta gu - ru yang diberi tugas tambahan se bagai kepala sekolah di ling - kungan Pemerintah Kabupaten Ci amis, kemarin.

Para pejabat yang dirotasi ter sebut, antara lain 39 pejabat ese lon III, 144 pejabat eselon IV, dua pejabat eselon V, sementara dari kalangan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah sebanyak 18 orang. Kebijakan rotasi dan mutasi itu terpaksa dilakukan karena adanya kekosongan pada se - jum lah jabatan struktural, pin - dah tugas, mengundurkan diri, meninggal dunia, serta pe ngi si - an administrasi pada organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain adanya pemekaran kecamatan, yakni Kecamatan Banjaranyar dari Kecamatan Banjarsari dan UPTD Bina Marga, sumber daya air, energi dan sumber daya m i - ne ral wilayah Panawangan dan Pa marican. Selain itu juga se ba - gai pengembangan karir dan pe - ning katan kerja. Bupati Ciamis Iing Syam Ari - fin menuturkan, pelantikan ter sebut dilakukan sesuai deng - an kebutuhan organisasi pe - rang kat daerah dan bagian dari pem binaan pola karir untuk me m erlancar tugas pe me rin - tah an dan tugas aparatur ne ga - ra dalam meningkatkan pe la - yan an publik.

“Harus meningkatkan ki nerja dan pelayanan maksimal. Dengan pelantikan ini semoga dapat mem bawa angin segar serta me - mi liki terobosan baru dalam tugas sehari-harinya,” katanya. Iing mengimbau, kepada se - tiap pegawai harus memiliki kon sep dan inovasi dalam be ker - ja, terutama untuk melayani ma - syarakat.

Selain itu di awal ta hun ini telah di ber la ku kan nya per - jan jian kerja sebagai ben tuk kon - trak kerja ko mi t men penerima dan pemberi ama nah. Hal itu dilakukan agar ki nerja para pegawai akan ter uk ur sesuai tugas pokok dan fung si. “Kontrak kerja ini berlaku untuk seluruh jabatan, nan ti nya kinerja dan prestasi men ja di tanggung jawab masing-ma sing. Dengan kontrak kerja, rin cian kerjanya sudah ada tinggal me - laksanakannya. Ini bukan se buah beban tetapi acuan supa ya lurus dalam kinerjanya,” ucap nya.

Sementara itu, rotasi atau pe ngangkatan dan pe mi n dah - an dalam jabatan ad mi nis tra - si/struktural eselon III, IV dan V di lingkungan Pemerinmtahan Kabupaten Ciamis mendapat sorotan dari Sekretaris Ek se ku - tif LPPM Universitas Galuh En - din Lidinilah. Dia mengatakan, ro tasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis jangan asal memindahkan, me - lai nkan harus didasari kinerja, kom petensi, dan kebutuhan.

Selain itu, Pemerintah Ka bu - paten Ciamis harus lebih kon - sentrasi terhadap pe na ngan an kemiskinan, yang pada ta hun lalu telah dibentuk La yan an Ter - padu Pe nang gu lang an Ke mis - kin an Daerah (LTP KD) Ka bu pa - ten Ciamis. Lem ba ga tersebut be lum terlihat geb ra kannya.

Sa - lah satunya deng an diangkatnya Ke tua LTPKD Moh Iskandar se - ba gai Kepala Bi dang Pemkesra Bap peda yang mengurusi ma sa - lah ke mi s kin an diharapkan bisa le bih op ti mal lagi dalam peng en - tas an ke mis kinan. “Itu bisa memerluas ke we - nangan LTPKD melalui pem ba - ha ruan regulasi supaya pe la yan - an terhadap masyarakat mis kin semakin optimal,” pungkasnya.

dadang hermansyah

Berita Lainnya...