Edisi 04-02-2016
Disperda Optimistis Capai Target Pajak Rp134,7 Miliar


CIANJUR - Dinas Perpajakan Da erah (Disperda) Kabupaten Cianjur, menargetkan pen da - pat an pajak daerah sebesar Rp134,7 miliar pada 2016. De - ng an target sebesar itu, op - timistis dapat tercapai.

Kepala Disperda Kabupaten Ci anjur Tohari Sastra me nga ta - kan, target pendapatan pajak 2016 dibandingkan deng an 2015 mengalami ke naik an, karena target 2015 sebesar Rp128,5 miliar. Dia mengakui, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pa - jak dari target sebesar itu, hanya ter capai 90% atau sebesar Rp123,8 miliar. ”Pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pajak rek lame, menjadi sektor yang mengalami capaian terendah di tahun lalu,” ungkapnya.

Anjloknya pencapaian PBB yang sangat mencolok yakni Rp28,572 miliar dari target Rp35,71 miliar. Meski angka tar getan naik 4%, tapi rea li sa si - nya kurang. Apalagi untuk re k - la me, dari target Rp4 miliar, ca - paiannya hanya Rp1 miliar. Ka - lau reklame memang wajar, ka - re na terbentur aturan di la rang - nya iklan rokok oleh pem e rin - tah.Kata dia, kendala dalam me - ma ksimalkan pendapatan pa - jak dari PBB, karena minimnya ke sadaran pemilik tanah atau rum ah atau para wajiban pajak (WP).

Bahkan yang paling sulit da lam penagihan pembayaran yak ni pemilik rumah atau tanah di tahap 4 dan 5, dibandingkan dengan di tahap 1, 2 dan 3. Sifat PBB, lanjut dia, yang ha - nya partisipatif, membuat dis - per da kesulitan dalam me ne - gak an aturan penagihan pajak.

ricky susan

Berita Lainnya...