Edisi 04-02-2016
Harga Daging Sapi di Sukabumi Masih Mahal


SUKABUMI - Harga daging sa - pi di sejumlah pasar di Ka bu pa - ten Sukabumi masih mahal, mes kipun rata-rata berada di ki - saran Rp118.750/kg. Bahkan, re latif turun jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Berdasarkan pantauan Di nas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan di sejumlah pasar di Kabupaten Sukabumi, harga ju al daging sapi yang paling ma hal terjadi di Pasar Pa la bu hanratu dan Pasar Surade yang men capai kisaran Rp130.000/ kg. Se - mentara di Pasar Cisaat, Pasar Cibadak dan Pasar Pa rung kuda masih bertahan di ki sar an Rp120.000/kg. Se men ta ra di Pasar Sukaraja Rp115. 000/ kg, di Pasar Sagaranten Rp110.000/ - kg, dan di Pasar Cicurug turun dari semula Rp110.000/kg menjadi Rp105. 000/kg.

Kepala Dinas Koperasi Per in - dustrian dan Perdagangan (Dis - koperindag) Kabupaten Su - kabumi, Asep Japar me nga ta kan, perbedaan harga jual itu,di se bab - kan masih fluk tuatifnya harga beli daging sapi dari pe ma - sok.”Para pedagang ma si h - mengandalkan pasokan dari luar sehingga nilai pen jualan nya tidak ada yang sama dari setiap pasar. Tapi Insya Al lah, ke depan harga daging sapi akan turun kembali. Mi ni mal nya di kisaran normal Rp90. 000-Rp100.000/kg,” ujar - nya saat ditemui di ruang ker ja - nya,kemarin.

Asep mengatakan, isu pene - ta pan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% terhadap da ging sapi impor beberapa waktu lalu sangat berpengaruh ter ha dap nilai penjualan dari pe da gang ke konsumen. Apa - lagi di tam bah dengan me le - mah nya nilai tukar rupiah ter - hadap Do llar Amerika. “ Isu itu sangat ber dam pak besar mes - ki pun tidak jadi digunakan PPN 10%,” ucap nya.

Bahkan, lanjut Asep, mo - men Imlek pun tak ada pe nga - ruh terhadap permintaan da - ging sapi di Kabupaten Su ka - bumi. Menurutnya, per min ta - an daging sapi baru terasa ke - tika ada perayaan hari besar ke - agama an.” Saat Lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha, ber ba - gai komoditas dipastikan me - lon jak, termasuk daging sapi,” ung kapnya.

Pedagang daging sapi di Pa - sar Semi Modern Cisaat, Ka bu - paten Sukabumi, Hendi Sur - yan di,52 membenarkan pen - jual an daging sapi masih sepi. Bah kan permintaannya pun me nurun. “ Biasanya setiap pe - lang gan rata-rata membeli tiga hing ga empat kilogram, saat ini paling banter di kisaran dua kil - ogram,” terangnya

Masih tingginya harga da - ging sapi menurutnya pe nye bab utama sepinya pembeli. Se bab saat harga di kisaran Rp105. - 000/kg pembeli masih lumayan banyak. “ Idealnnya sih dikisaran Rp 100.000/ kg,” pungkasnya.

fajar sidik supriadi




Berita Lainnya...