Edisi 04-02-2016
Menikmati Sejuknya Bandung Sambil Membaca Buku


Keberadaan taman publik di Kota Bandung, menjadi ruang relaksasi bagi warga maupun pengunjung yang datang ke kota ini. Salah satu taman yang kini telah dilakukan perubahan signifikan adalah Taman Lansia.

Selain terdapat suasana alam yang sejuk dan nyaman, Taman Lansia juga dilengkapi perpustakaan. Ya, keberadaan Taman Lansia tentu sudah tak asing di telinga warga Bandung. Selain banyak dikunjungi, lokasi taman ini juga terletak tak jauh dari tempat bersejarah, Gedung Sate. Meski nama Taman Lansia merupakan singkatan dari Taman Lanjut Usia, namun yang berkunjung ke tempat publik itu tentu tak hanya orang-orang lanjut usia.

Menariknya lagi, selain memberikan ruang rindang bagi pengunjung, taman publik ini juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas baru seperti perpustakaan serta toilet baru yang ramah terhadap kaum disabilitas. Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan, pembaruan di taman itu ditujukan untuk meningkatkan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat.

Bahkan pembangunan toilet di taman itu merupakan aspirasi warga sendiri, karena toilet yang ada sebelumnya sudah tidak layak digunakan. Sehingga, pihaknya membuat tiga toilet baru, di mana satu di antaranya diperuntukan untuk kalangan disabilitas. “Itu untuk mengganti toilet yang di bawah. Toilet yang di bawah sudah jelek dan curam, banyak pengunjung kita kanyang lansia takut jatuh katanya,” ungkapnya.

Khusus untuk fasilitas perpustakaan, bangunan baru itu memang dihadirkan untuk menambah ruang aktivitas bagi pengunjung. Sehingga mereka yang berdatangan ke tempat itu setelah olah raga bisa memanfaatkan waktu membaca buku yang disuguhkan di perpustakaan. Dia menambahkan, alokasi dana untuk penataan area taman dan pembangunan perpus serta tiga unit toilet itu mencapai Rp360 juta.

Menurutnya pembangunan fasilitas itu sudah selesai dilakukan, tinggal menunggu proses perapihan di beberapa bagian yang kurang pas. Pengunjung taman Cesis Rahmi Riani Sani, 22, me res - pons positif pengembangan fasilitas yang dihadirkan di taman Lansia. Karena kehadiran per pus ta kaan bisa menjadi ruang kunjung baru bagi warga maupun mereka yang berkunjung ke Kota Bandung.

“Bagus tentunya, tapi sebaiknya proses pemeliharaan dan pengamanan terus dilakukan. Kansayang kalau fasilitas yang ada rusak dalam waktu dekat,” tuturnya.

HERU MUTHAHARI Kota Bandung

Berita Lainnya...