Edisi 04-02-2016
Ratusan Botol Ciu Disita Polisi dari Rumah Kos


KUNINGAN – Jajaran Satuan Sab hara Polres Kuningan ber - hasil menyita empat jeriken dan 245 botol berisi minuman keras (mi ras) jenis ciu dari sebuah ru - mah kos di RT 024 RW 007, Ke - lurahan Ciharendong, Ke ca - matan Kuningan, yang di tem - pati Heri Hutagalung, 33, ke ma - rin malam.

Kapolres Kuningan AKBP Jo ni Iskandar melalui Kasat Sab hara AKP Aji Setiaji me nye - butkan, penggerebekan rumah kos yang menjadi tempat pe - nyim panan miras tersebut ber - da sarkan informasi dari ma sya - ra kat. “Dan setelah kami me la - kukan penyelidikan serta di - dapat hasil akurat, kami lang - sung melakukan tindakan,” ung kapnya, kemarin.

Miras yang rencananya akan di edarkan di wilayah Ka bu - paten Kuningan dengan sa - saran masyarakat umum, t e ru - tama anak-anak muda itu kini di amankan di Mapolres Ku - ningan sebagai barang bukti. “Pa ra pelaku yang saat ini masih da lam proses pemeriksaan me - ngaku belum lama menjual mi - ras jenis ciu ini di Kuningan,” ka - ta Aji.

Namun, Aji menegaskan, pe - laku penjualan miras ini ter an - cam tuntutan hukum yang be - rat. “Hal ini dilakukan agar me - nim bulkan efek jera, sehingga ti dak ada lagi peredaran miras di wi layah hukum Polres Ku ni - ngan,” ujarnya. Aji berharap, masyarakat ber peran aktif memberikan in - for masi bila mengetahui ada - nya peredaran miras di ling ku - ngan mereka.

Sebab, me nu rut - nya, maraknya kasus kriminal be lakangan ini umumnya di - awali konsumsi miras. “Orang yang terpengaruh miras cen - derung lebih berani dalam me - lakukan tindak kriminal, se per - ti pencurian, jambret, hingga pem bunuhan,” terang Aji.

Di Kabupaten Majalengka, gu na mengantisipasi ancaman te rorisme, aliran sesat, dan be - ragam penyakit masyarakat lain nya, Satuan Polisi Pamong Pra ja (Satpol PP) Kabupaten Ma jalengka menggelar razia in - tensif di beberapa titik di wil - ayah hukum Kabupaten Ma - jalengka, terutama rumah-ru - mah kos. Razia dilakukan untuk me - mantau para pendatang yang di nilai mencurigakan, ter m - asuk masyarakat maupun pe - lajar yang melakukan pe lang - garan hukum, seperti berbuat me sum dan mengonsumsi nar - koba dan miras.

“Razia di koskosan ini diintensifkan kembali un tuk memantau sejauh mana ak tivitas para penghuninya,” ujar Kepala Bidang Penegakan Per da Satpol PP Kabupaten Ma - jalengka, Tono Yuhartono, be - lum lama ini. Dalam razia tersebut, pi hak - nya berhasil mengamankan 14 orang yang tidak memiliki iden - titas kependudukan dan empat orang pelajar dan mahasiswa yang sedang berada di dalam ka - mar kos bersama pasanganya.

yudi r sudirman/ ade nurjanah

Berita Lainnya...