Edisi 04-02-2016
Belanja Anggaran Pemko 2015 Sesuai Aturan


MEDAN - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas belanja modal, barang, dan jasa Pemerintah Kota (Pemko) Medan tahun 2015, Rabu (3/2).

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK, sebagian besar laporan belanja modal, barang, dan jasa Pemko Medan tahun 2015, dianggap sudah baik dan memenuhi ketentuan yang berlaku. Meski begitu, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, sehingga menjadi rekomendasi BPK untuk segera ditindaklanjuti. LHP tersebut diserahkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPK Perwakilan Sumut, Ayub Amali, kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, di Gedung BPK Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan.

Ayub mengatakan, telah melakukan pemeriksaan atas belanja modal, barang, dan jasa Pemko Medan tahun 2015. Hal ini sejalan misi BPK memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, serta berperan aktif mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan. “Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah kami lakukan, sebagian sudah baik dan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Namun, masih ada juga yang belum memenuhi ketentuan, seperti kelebihan perhitungan, kekurangan volume, serta pemahalan harga. Hal-hal yang belum memenuhi ketentuan ini kami rekomendasikan untuk segera ditindaklanjuti,” ujar Ayub. Ayub berharap Pemko Medan segera menindaklanjuti rekomendasi yang sudah tertuang dalam LHP.

Pemko Medan memiliki waktu 60 hari untuk menindaklanjuti rekomendasi itu, terhitung sejak LHP diserahkan. “Semogaapayangmenjadirekomendasi kami menjadi perhatian Pemko Medan,” ucapnya. Sekda Kota Medan, Syaiful BahriLubis, mengucapkanterima kasihataspemeriksaanyangtelah dilakukan BPK Perwakilan Sumut. Apalagi hasil pemeriksaan telah disampaikan, sehingga secepatnya dapat ditindaklanjuti, terutama temuan yang menjadi rekomendasi.

“Dari LHP yang disampaikan, kami jadi dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan, sehingga secepatnya diperbaiki,” ucapnya. Mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan ini menilai BPK tak ubahnya seperti sahabat yang mengantarkan kembali ke jalan yang benar.

Sebab, BPK memberikan kontrol yang sangat positif dalam penggunaan anggaran negara. Syaiful menambahkan, seluruh jajaran Pemko Medan akan terus melakukan perbaikan agar ke depannya menjadi lebih baik lagi. Tidak hanya dalam pengelolaan anggaran, namun juga pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi saya akan kontrol langsung perbaikan atas rekomendasi yang disampaikan BPK Perwakilan Sumut ini. Di samping itu saya juga minta masukan dan arahan dari ketua DPRD Medan dalam melakukan perbaikan tersebut,” ucapnya.

Reza shahab

Berita Lainnya...