Edisi 04-02-2016
Dealer Ford Medan Mulai Kurangi Karyawan


MEDAN – Dealer Ford, Jalan Gatot Subroto, Medan, mulai mengurangi karyawannya sejak 1 Februari lalu. Belasan karyawan terpaksa dirumahkan.

Namun, belumadaalasanyangjelas apakah pengurangan karyawan itu terkait akan berhentinyaoperasiFord diIndonesiaatauhanya evaluasi kerja yang rutin dilakukan setiapawaltahun. Mantan Sales Consultant dealer Ford Medan, Ramah Kencana, mengungkapkan, terhitung Rabu (3/2), sejak 1 Februari belasan karyawan dealer Ford Medandipecat.

MenurutRamah, tidak hanya divisi sales, divisi lainnya seperti divisi administrasi dan mekanik juga ikut dipecat. “Ada belasan karyawan yang dipecat. Tidak hanya sales, tapi administrasi dan mekanik juga ada yang dipecat,” ungkapnya. R amah sendiri telah mengetahui adanya informasi bahwa operasional Ford di Indonesia, termasuk juga di Kota Medan, akan berhenti pada semester II tahun ini.

Ramah pun mengakui bahwa perusahaan tersebut sedang vailid dan akhirnya harus merampingkan karyawannya. “Maklum, operasional Ford akan berhenti pertengahan tahun ini. Makanyakamidipecat,” ujarnya. Disinggung tentang target penjualan mobil Ford selama bekerja di dealer Ford Medan, Ramah mengaku penjualannya selamaenambulanterakhirtidak mencapai target.

Dari total enam unit mobil yang ditargetkan, Ramah hanya mampu menjual empat unit. Diketahui, kinerja sales diukurdari tercapaiatautidaknya target penjualan yang telah ditetapkan. Jika tidak mencapai target penjualan, perusahaan berhak mengevaluasi kinerja salestersebut. “Memang, selama enambulanterakhirinipenjualan saya kurang dua unit mobil lagi dari target.

Tapi bukan karena itu. InikarenaFord akanberhentiberoperasi dan mungkin akan berganti dengan nama lain,” paparnya. Ramah mengaku sudah tiga tahun menjadi bekerja di dealer Ford Medantersebut. Walaubelum diangkat menjadi karyawan, namun Ramah menyesali dealer Ford Medan tidak memberikan bonus apresiasi kepada karyawan yang telah diberhentikan tersebut.

“Memang, saya sendiri tidak menuntut apa-apa. Tapi setidaknya ada apresiasilah dari perusahaan. Saya sudah tiga tahun bekerja di sini,” ucapnya. Menanggapi itu, Kepala Cabang Dealer Ford Medan, Jaya Kontes, mengungkapkan tidak ada pengurangan karyawan dealerFord Medan sebelum pertengahan tahun ini.

“Itu bukan pengurangan karyawan. Hanya evaluasi kerja untuk para sales. Salesyang tidak capai target, pasti dievaluasi kerjanya dan itu rutin kami lakukansetiaptahun, bukantahun ini saja,” paparnya lewat ponsel. Jaya Kontesa menambahkan, untuk mengetahui dengan pasti alasan dipecatnya para karyawanitu, tanyakanlangsung kepada karyawan yang dipecat itu terkait target penjualannya. “Tanyakan saja sama yang katanya dipecat itu, apakah penjualannya mencapaitarget. Kalau dia mencapai target penjualan, tidak mungkin terkena dampak evaluasi kerja itu,” ujarnya.

Dicky irawan

Berita Lainnya...