Edisi 04-02-2016
MNC Uniland Pindah ke Jalan Bandung


MEDAN – PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) meresmikan kantor kas unit di Jalan Bandung, Medan, yang merupakan relokasi dari Uniland. Langkah ini merupakan strategi perusahaan untuk menguasai consumer market.

Presiden Direktur MNC Bank, Benny Purnomo, mengatakan, relokasi akan terus dilakukan dari kawasan yang tidak strategis ke lokasi strategi seperti dari kantor kas unit Uniland ke Jalan Bandung. Tujuannya supaya lebih dekat dengan masyarakat, sehingga manfaat dari bank ini lebih terasa.

“Tahun ini kami ingin lebih dekat dengan masyarakat sesuai target perusahaan yang fokus ke segmen konsumer,” katanya saat peresmian kantor kas unit MNC Bank di Jalan Bandung, Rabu (3/2). Kata dia, beralih ke segmen konsumer dari sebelumnya korporasi komersial karena menilai pasar di Indonesia masih sangat besar termasuk Medan.

Pasar itu yang akan direbut untuk meningkatkan performa bank yang pada tahun lalu menunjukkan peningkatan cukup tinggi. Dari data MNC Bank, besaran aset pada 2015 tercatat Rp12 triliun atau naik 29% dari 2014. Kemudian kredit naik 15% menjadi Rp7 triliun dari 2014 dan dana pihak ketiga (DPK) naik 25% menjadi Rp9,7 triliun dari 2014.

Begitu juga dengan modal yang pada 2015 sebesar Rp1,7 triliun dan tahun ini akan ditambah Rp500 miliar untuk memperkuat permodalan. Sementara non performing loan (NPL) turun 5,8% menjadi 2,5% untuk gross, sedangkan nett sebesar 2%. “Semua angka itu belum diaudit. Ke depannya kinerja akan semakin ditingkatkan yang diawali pembenahan internal didukung MNC grup,” ujarnya.

Kemudian pada tahun ini MNC Bank menargetkan akan ada pertumbuhan rata-rata 15–20% untuk semua indikator, baik aset, kredit maupun DPK. Untuk mencapainya, pihak MNC akan memperkuat konsolidasi sehingga dalam lima tahun akan naik menjadi buku 3. “Kalau sekarang kami masih buku 2 dan itu akan terus ditingkatkan hingga naik buku 3 dalam lima tahun ini,” ucapnya.

K epala Divisi Pembayaran Bank Indonesia Sumut, Tri Darmadi Soedibyo, mengatakan, keberadaan MNC diharapkan bisa mendongkrak kinerja perbankan secara keseluruhan. Secara umum, bank ini juga hendaknya bisa berkontribusi menggerakkan roda perekonomian, khususnya di Sumut.

“Jika melihat tujuan relokasi supaya lebih dekat dengan masyarakat, diharapkan juga bisa membuat literasi keuangan lebih berkembang sehingga keberadaan MNC ini bermanfaat,” katanya. Dengan memastikan kinerja baik sesuai aturan yang ditetapkan, baik oleh BI maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK),

lanjut dia, tentu akan berdampak positif juga bagi MNC. Sebab, bank yang dalam kegiatan bisnisnya sejalan dengan segala regulasi akan bisa meraih profit. “Kalau semua bank bekerja sesuai aturan berlaku, pasti berdampak kepada kinerja keseluruhan,” ucapnya.

Jelia amelida

Berita Lainnya...