Edisi 04-02-2016
ATS Ajukan Tarif Naik 15%


PALEMBANG–PT Adha Tirta Sriwijaya (ATS) mengaju kan ke naikan tarif sebesar 15,17% untuk air bersih. Kenaikan diajukan, karena adanya pe ru - bahan komponen dalam suplai air bersih tersebut.

Direktur Utama PT ATS Mu giyanto mengatakan, pi - hak nya mengalirkan air bersih di sejumlah wilayah di Pa lem - bang sejak tahun 2000, yakni di kawasan Talang Kelapa, Ke ca - matan Sukarami dan sekitar Kota Palembang. Dia menjelaskan, adanya adendum perjanjian konsesi No 18/SPK/IV/2014 tanggal 25 Maret 2011 dengan konsesi selama 20 tahun, hingga 2020 mendatang.

“Untuk kenaikan tarif lantaran dari komponen yang ada mengalami perubahan, se - perti air baku, kimia, energi, gaji dan overhead,” ujarnya saat paparan di Kantor Gubernur Sumsel, kemarin. Dia mengungkapkan, pe - langgan ATS sudah sebanyak 14.707 yakni 72 pelanggan so - sial, tiga pelanggan instansi milik pemerintah, 3.472 pe - lang gan RT sederhana, 10.397 pelanggan RT menengah, RT mewah dan rumah indekos me wah ada 98 pelanggan, nia - ga besar 16 pelanggan dan 649 pelanggan niaga kecil.

"Dari rapat ini kita ha rap kan adanya peninjauan tarif dan kami serahkan kepada Pem p rov Sum - sel. Laporan ini di la kukan ber sa - ma-sama anta ra perusahaan dan pemer intah,” ujarnya. Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Sum - sel Ruslan Bahri mengatakan, usulan kenaikan tarif dila ku - kan ATS dengan alasan karena beban produksi dan oper asional.

Kendati demikian, pi hak - nya masih akan mengkaji hal itu. “Usulan kenaikan belum kita setujui, karena masih ha rus ditinjau dan dilihat ba gai mana kualitaslayanannya,” katanya. Dia menambahkan, terkait hal itu PT ATS harus ber koor - dinasi dengan Pemprov Sumsel lantaran merupakan peru sa - haan swasta.

Sedangkan Kepala Biro Pe re - konomian Sumsel Ach mad Muc - hlis mengatakan, kon sensi PT ATS adalah hingga 20 tahun yakni sampai2020. Soalusulankenaikan tarifmasihakandikajilagi. “Kami harap, mereka selain berkontribusi ke Pemprov Sumsel (PAD) sekitar Rp120 juta per tahun, dapat berkoor - dinasi dan berkontribusi deng - an Pemkot Palembang. Kami pun akan tinjau kualitas dan pelayanannya,” ujarnya

Eetno palupi

Berita Lainnya...