Edisi 04-02-2016
Banjir Bandang Terjang Sawah


PAGARALAM– Puluhan hektare sawah diterpa banjir bandang di Pagaralam. Peristiwa ini terjadi di Dusun Janggah dan Talang Sawah, Kelurahan Padang Temu, Kecamatan Dempo Tengah, kemarin malam.

Informasi yang berhasil di him - pun KORAN SINDO PALEM - BANGmenyebutkan, air me nye - ret bongkahan kayu ge lon do - ngan dan membawa pasir. Son - tak, sawah rusak diterpa banjir bandang. Ketua RW 05 Dusun Talang Sawah, Erlan menga ta - kan, hu jan deras yang meng - guyur Kota Pagaralam sekitar pukul 20.00 WIB, menye bab kan aliran S u ngai Selangis me luap mencapai ketinggian lebih ku - rang 3 me ter.

Tak pelak, area per - sa wa han dan perkebunan war ga teren dam dan rusak pa rah. ”Air Sungai Selangis mem be - sar, sebagian warga pergi ke - areal sawah untuk melihat ke - adaan sawahnya. Aliran air terli - hat sudah naik dan menyapu habis padi, sayuran dan kolam warga, dengan ketinggian men - ca pai 3 meter,” bebernya.

Dia meminta kepada Pe me - rintah Kota Pagaralam agar ping giran aliran air Sungai Se - langis dapat ditinggikan lagi pa - da bangunan beronjongnya. Hal ini mengingat, ketinggian air disaat musim penghujan men capai lebih kurang 3 meter. Dengan begitu, kejadian seperti ini dapat dihindari.

“Kami minta kepada Pem - kot Pagaralam untuk mem per - ba iki beronjong dipinggiran Su - ngai Selangis Talang Sawah dan Janggah. Dengan begitu, ketika air membesar tidak lagi me nya - pu tanaman padi,” harapnya. Ditambahkan Ical, 41, warga Dusun Talang Sawah, tanaman padi yang baru ditanam, ter ma - suk tanaman sayuran yang men dekati masa panen, semua habis tersapu banjir bandang.

“Kami harapkan, pema sa - ngan beronjong di wilayah ini bisa dilakukan, sehingga keja - dian banjir bandang tidak ter - ulang lagi. Apalagi, yang di kha - watirkan jika air sampai naik lebih tinggi lagi,” ungkapnya. Sementara itu, Camat Dem - po Tengah Rismawati bersama Danramil 405-13/Dempo Sela - tan Kapten Sudarno, Lurah Pa - dang Temu Lukman, dan ang - go ta Satgas Bencana BPBD Kota Pagaralam meninjau langsung lokasi bencana.

Termasuk men - data tingkat kerusakan dari banjir bandang tersebut. “Setelah meninjau lokasi, sekitar lebih kurang 10-12 hek - tare luas areal atara sawah di Du - sun Talang Sawah dan Janggah ru sak disapu banjir bandang. Meliputi tanaman padi, tomat, timun, cung dan cabai. Kejadian ini sudah kita laporkan ke Pem - kot Kota Pagaralam, termasuk juga ke BPBD Kota Pagaralam,” tukasnya.

Yayan darwansah

Berita Lainnya...