Edisi 04-02-2016
Jalan Nasional Minim Rambu


INDRALAYA-Jalan Lintas Timur (Jalintim) tepatnya mulai dari perbatasan Palembang-Indralaya hingga Kilometer 30 Ogan Ilir, sangat minim rambu-rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan.

Hal ini berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas di se pan jang jalannasio nal/negara tersebut. “Ya, peningkatan lakalantas masih didominasi terjadi di jalur Indralaya-Palembang, ka - re na di jalur itu masih minim rambu-rambu lalu lintas, se - perti penunjuk arah, rambu hati-hati dan lainnya serta pe - nerangan lampu jalan,” ka ta Kapolres OI AKBP Denny Yono Putro, kemarin.

Menurut Kapol res, s ep an - jang tahun 2015 lalu, tercatat kasus kecelakaan lalu lintas ada sebanyak 172 kejadian dengan korban meninggal dunia capai 72 orang, luka berat 88 orang dan luka ringan 120 orang. Dari data tersebut, kata Ka - polres, untuk penyelesaian ka - sus lakalantas ada sebanyak 103 kasus, 14 kasus sedang dalam proses dan 55 kasus dalam penyelidikan (tabrak lari).

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera merealisasikan penam - ba han rambu maupun pene - rangan. Namun sampai saat ini belum direalisasikan. Memang faktor minimnya rambu dan lampu jalan memicu terjadinya kecelakaan,” tutur Kapolres. Kapolres berharap pihak pe - merintah kabupaten, provinsi maupun balai besar untuk segera menindaklanjuti dengan melengkapi rambu-rambu dan peneranganjalandiJalintimOI.

“Ditahun ini, kami ins - truksikan petugas untuk me la - kukan patroli rutin yang ber tu - juan menekan angka lakalantas dan tindak kriminalitas di ja - lan,”katanya. Sementara itu, Kepala Bi - dang LLAJ Dishub Ogan Ilir, M Yusrizal menambahkan, khu - sus pemasangan rambu mau - pun penerangan lampu ja lan merupakan tanggung jawab dari balai besar mengingat Ja - lintim merupakan jalan na sio - nal atau negara.

“Untuk pengadaan rambu dan lampu jalan menjadi tang - gung jawab balai besar, karena Jalintim merupakan jalan ne - gara. Bisa juga pengadaan ram - bu dan lampu jalan dilakukan Dishubkominfo Provinsi Sum - sel melalui penggunaan DAK,” ujarnya. Dia tidak menampik, kalau terjadinya lakalantas di sepa n - jang Jalintim Palembang-In - dra laya terjadi akibat minimnya rambu-rambu lalu lintas dan penerangan jalan.

Sementara untuk pengadaan rambu lalu lintas di Ogan Ilir tahun ini, kata dia, ren ca - nanya akan difokuskan pada area menuju ke pusat Kompleks Perkantoran Terpadu OI deng - an mengalokasikan berkisar 40- 50 rambu-rambu lalu lintas.

“Di tahun 2016 ini OI me n - dapatkan dana DAK untuk pengadaan rambu-rambu di jalan kabupaten. Memang pe - ma s angan rambu ini dilematis. Ketika sudah dipasang, kerap hilang dicuri oknum tidak ber - tanggung jawab. Makanya kami minta masyarakat untuk ber - sama-sama menjaga fasilitas negara ini,”tuturnya.

Tikungan Srikembang Makan Korban

Sementara itu, telah terjadi juga kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Ogan Ilir yang merengut korban jiwa kembali. Kali ini dialami Alamsyah, 49, warga Payara - man Timur, Kecamatan Paya ra - man, Kabupaten Ogan Ilir. Korban yang tercatat s e ba - gai guru SMK 1 Indralaya Utara ini, tewas setelah motor Honda CB yang dikendarainya BG 6881 TN terlibat kecelakaan dengan sebuah kendaraan truk BG 8806 YB dikemudikan Nanang Kusmanto, 27, warga Way Ka - nan, Lampung.

Peristiwa nahas yang menimpa korban Alamsyah itu terjadi di tepat pada tikungan Desa Srikembang 1, Kecamatan Payaraman, Ogan Ilir, siang kemarin saat korban pulang se - telah mengajar. Korban tewas saat dalam perawatan medis Puskesmas Tanjung Batu deng - an luka robek dibagian kepala dan sekujur tubuh.

Informasi yang dihimpun, saat itu korban dengan meng - endarai sepeda motor Honda CB BG 6881 TN meluncur dari arah Tanjung Batu menuju kedia mannya di Payaraman. Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), datang kenda - raan truk BG 8806 YB yang dike - mudikan Nanang Kusmanto.

Diduga korban gugup lan - taran secara tiba-tiba datang kendaraan truk, sehingga ak - hir nya sepeda motor yang dikemudikan korban oleng dan langsung menghantam bagian bak kanan truk hingga korban terpental. Warga yang mengetahui ada nya kecelakaan itu langsung bergegas mengevakuasi korban ke Puskesmas Tanjung Batu.

Lantaran luka yang cukup serius, korban akhirnya me - ning gal dunia saat dalam pe - nanganan petugas medis pus - kesmas. KapolresOIAKBPDennyYono Putro, melalui Kasat Lan tas Polres OI AKP Sukamto mem benarkan adanya kece la kaan antara sepeda motor de ngan truk di Kecamatan Pa yaraman OI. “Korban meninggal dunia akibat luka serius dibagian kepala dan tubuh korban. Se - mentara untuk sopir truk berikut kendaraannya sudah diamankan di Polres OI guna pemeriksaan petugas,”kataKasat.

Darfian jaya suprana

Berita Lainnya...