Edisi 04-02-2016
Minta Upgrade Bandara Lama


PALEMBANG-Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Pa - lembang, Kolonel PNB Ronald Lucas Si - re gar meminta adanya pem bong karan dan perbaikan area bandara lama yang sudah hampir 15 tahun terbengkalai.

Area yang berdampingan dengan area Lanud Palembang dan Bandara SMB II Palembang ter - sebut, diharapkannya dapat di - bangun fasilitas sarana dan prasarana yang baru. “Area tersebut cukup luas dan bisa dimanfaatkan. Sebe - na rnya bisa dimanfaatkan se - per ti untuk VVIP room khusus yang bersifat secret atau tamu istimewa kenegaraan dan luar negeri,” kata Ronald disela ke - giatan coffee morning di Mako Lanud Palembang, kemarin.

Dia mengaku salut dengan pembangunan pesat di Provinsi Sumsel, terutama pem bang - unan jalur transportasi light rail transit (LRT) dan infrastruktur lain dalam menghadapi Asian Games 2018 mendatang. “Sumsel tengah melakukan pembangunan pesat, saya ber - harap kawasan bandara lama ikut diperhatikan baik oleh pemda maupun Angkasa Pura II. Padahal, kawasan itu stra te - gis,” ujarnya.

Dia juga berharap, pero mbakan dan perbaikan pada area bandara lama dapat dilak sa na - kan sebelum pelaksanaan Asian Games. Diakuinya, bangunan di area tersebut milik PT Ang kasa Pura IIdan VIProommilikpemda. “Jadi posisi Lanud Pa lem - bang hanya ketempatan saja, saya sudah sampaikan juga pa da pak GM PT Angkasa Pura II, bahwa dengan pembangunan dan pengembangan bandara SMB II yang megah juga dapat diimbangi dengan area seki tarnya, terutama bandarala ma,” katanya.

Saat tamu mendarat, me - mang akan salut dengan kondisi SMB II yang bagus dan saat menoleh ke arah bandara lama maka sangat disayangkan. Menurut Ronald, pihaknya tidak memiliki kewenangan baik untuk merobohkan atau membangun. Namun, Lanud Palembang kerap melakukan korveatau bersih-bersih di seki - tar area bandara lama.

“Kami eggak ada k ewe nang - an karena bukan punya kita, makanya kami sejauh ini baru sebatas memberikan surat dan akan saya sampaikan juga saat nanti bertandang menemui Pak Gubernur Sumsel,” ucapnya. Ronald juga menambahkan, pihaknya juga akan ber koor dinasi denganDishubSumselterkaitarea perumahan Dishub yang sudah rusak dan juga ter bengkalai di sekitarJalanAdiSucipto.

“Harapan kita ada program pembersihan. Kami tidak akan ambil alih, namun kita peca h - kan solusinya dengan baik-baik atau dapat saja dihibahkan ke - pada Lanud Palembang, agar bisa dimanfaatkan lebih baik lagi daripada kosong dan te r - bengkalai. Apalagi di internal, berbagai mes dan kompleks juga tengah dilakukan per bai - kan-perbaikan,” ujarnya.

Terkait pelaksanan Asian Games 2018 di Kota Palem - bang, pihaknya siap men du - kung dalam hal pengamanan. Terutama kesiapan peng ama - nan di wilayah bandara. “Sebuah kebanggaan bagi kita bersama bisa menjadi tuan rumah Asian Games selain Ja - karta. Pada dasarnya, Lanud Palembang ada tanggung jawab pengamanan sekitar bandara.

Kita dapat meminta tambahan personel dari bawah kendali operasi satuan atas atau Koop - sau, Lanud-Lanud sekitar atau dari Jakarta. Pastinya kita per - kuat pengamanan,” katanya. Kenaikan tipe Lanud Pa - lembang dari Tipe C ke Tipe B, diharapnya dapat diperkuat koordinasi dengan instansi dan lembaga lain di Sumsel.

“Kita akan mendukung, bah kan area landasan atau apron Lanud Palembang bisa digunakan untuk parkir pe sa - wat. Area cukup luas dan saya pikir memungkinkan pesawat parkir disitu, namun kita harap bandara lama dapat diperbaiki agar lebih elok,” ujarnya.

Sementara itu, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Mar sekal Pertama TNI Yuyu Sutisna sebelumnya mengatakan, resmi - nya peningkatan status Lanud Palembangdari tipeCmenjaditipe B secara otomatis mengubah daf - tar susunan personel (DSP), fa si - litas, dan alutsista.

Pangkalan ini menjadi salah satu pusat pang - kalanoperasidiIndonesia. “Lanud Palembang, sebagai pangkalan penyangga peno - pang ibu kota, dipastikan akan semakin rutin dijadikan sebagai pusat operasi dan latihan dari berbagai penjuru.

“Sebagai pangkalan operasi sudah barang tentu akan diupgrade berbagai fasilitas, sara - na dan prasarana. Termasuk di antaranya perluasan runway dan apron Lanud Palembang, dari sisi alutsista, pergudangan dan personelnya,” ujarnya.

Retno palupi

Berita Lainnya...