Edisi 07-02-2016
Kreativitas Anak Harus Dipupuk sejak Belia


MEDAN–Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, menegaskan kreativitas dan kemandirian harus diajarkan kepada anak sejak belia. Hal itu sangat penting sebagai bekal anak dalam menapak masa depan.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Medan sangat mendukung digelarnya kegiatan Ekonomi Mandiri Siswa (Emas) yang digelar Perguruan Al Fityan di Lapangan Al- Fityan, Jalan Keluarga Lingkungan IX, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (5/3). Menurut Akhyar, kegiatan ini dinilai dapat menumbuh kembangkan kreativitas dan jiwa mandiri sejak usia belia. “Kegiatan ini dapat menjadi model atau contoh dalam hal memberi ruang berkreasi, berwirausaha dan melatih kemandirian siswa usia belia,” ujar Akhyar. Akhyar menambahkan, wirausaha bukan hanya dunia orang dewasa, tetapi juga dapat menjadi dunia anak-anak.

Bedanya, wirausaha pada anak membutuhkan bimbingan dan dukungan dari orang tua maupun guru. Pada usia yang belia, anak-anak yang belajar berwirausaha akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. Kreativitas yang terlatih sejak dini ini akan menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak kala sudah dewasa nanti. Tetapi untuk bisa kreatif, anak harus tumbuh dalam suasana yang aman dan bebas secara psikologis. Aman berarti anak tidak banyak dicela atau dikritik berlebihan oleh orang tuanya.

Bebas artinya, anak diberi kesempatan untuk melontarkan ide maupun mimpi-mimpinya. “Kegiatan Emas ini merupakan salah satu ajang wirausaha yang memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif dan berani membuat terobosansertamempresentasikannya. Karena itu, kita patut memberi apresiasi tinggi dan berharap kegiatan ini terus dilakukansecara rutin,” katanya.

Sementara itu, Direktur Al Fityan, Hanafi, mengungkapkan, kegiatan ini sudah berlangsung selama lima kali. Sejak awal memang dirancang untuk dapat menumbuhkan kreativitas dan kemandirian anak melalui wirausaha. “Kami sangat berterima kasih kepada guru dan orang tua siswa yang telah memberi dukungan yang cukup besar untuk suksesnya acara ini. Kami berharap dari kegiatan ini akan lahir generasi yang cerdas, kreatif, dan mandiri,” ujarnya. ● reza shahab

Berita Lainnya...