Edisi 07-02-2016
Wali Kota Canangkan Gerakan Medan Bersih



MEDAN – Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mencanangkan gerakan “Medan Bersih Pasti Bisa”. Pencanangan ini dilakukan saat acara car free day di kawasan Jalan Sudirman Medan, Minggu (06/03). Eldin berharap dengan pencanangan program itu diharapkan semakin menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih. Selain itu, menjadikan hidup bersih sebagai budaya baru di tengah masyarakat. Pencanangan ini ditandai dengan penekanan bel oleh Eldin dan pelepasan balon oleh Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani. Prosesi ini mendapat sambutan meriah disertai tepukan tangan dari ribuan warga yang mengikuti car free daytersebut.

“Kita sama-sama berharap gerakan ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih. Kemudian menjadikan hidup bersih sebagai budaya baru dalam kehidupan sehari-hari,” kata orang nomor satu di Pemko Medan itu Eldin optimistis dengan kegiatan ini akan tercipta kualitas hidup yang lebih baik. Selain itu, Medan lebih bersih, asri, dan nyaman.


“Insya Allah dengan kegiatan ini akan tercipta kualitas hidup yang lebih baik. Ingat Medan adalah rumah kita. Karenanya, kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkan Medan yang bersih dan asri,” ujarnya. Eldin mengatakan, acara car free day sengaja dikemas dalam suasana santai untuk menumbuhkan kesadaran kolektif. Selain itu, mengurangi tingkat polusi udara dan mendorong masyarakat berperilaku lebih hijau atau ramah lingkungan.

Dia mengatakan, hasil pantauan kualitas udara tingkat polusi udara di Medan pernah mencapai angka 110. Ini cukup mengkhawatirkan dan asap kendaraan bermotor menyumbang 26% dari total polusi yang dihasilkan. “Bayangkan, sehari saja tanpa asap bermotor, betapa udara yang kita hidup sangat bersih dan berdampak positif bagi kesehatan. Harus tertanam di hati dan pikiran bahwa kebersihan pangkal kesehatan dan menjadikan bersih sebagai budaya,” katanya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga memaparkan budaya bersih harus dikaitkan dengan budaya hijau, kegemaran menghijaukan taman, pekarangan, lingkungan, dan biasanya lingkungan bersih turut menciptakan suasana nyaman dan asri. “Jika suasana ini tercipta, akan muncul citra Medan sebagai kota Asri. Ini tentu akan menarik perhatian orang untuk berkunjung dan berinvestasi. Gerakan ‘Medan Bersih Pasti Bisa’ menjadi momentum memunculkan gerakan hidup bersih yang dimulai dari rumah tangga, lingkungan, kelurahan, kecamatan, hingga kota,” ujarnya.

Karena itu, dirinya menginstruksikan kepada camat, lurah, dan kepling bertanggung jawab dengan menjadi motor dalam gerakan kebersihan melalui berbagai program kegotongroyongan. Selain pencanangan program itu, kegiatan car free day perdana tahun 2016 ini juga digelar meriah.

Berbagai kegiatan dilakukan seperti sepeda santai, senam massal, permainan enggrang, pembelajaran lalu lintas kepada anak-anak TK dan SD, serta pemberian hadiah menarik melalui lucky draw. Kadis Pemuda dan Olahraga mengucapkan permohonan maaf kepada sejumlah masyarakat, karena dengan kegiatan ini beberapa ruas jalan ditutup sementara atau sampai kegiatan selesai. “Kami mohon maaf akibat kegiatan ini beberapa ruas jalan ditutup. Akibatnya aktivitas masyarakat menjadi tidak lancar,” ucapnya. ● reza shahab

Berita Lainnya...