Edisi 07-02-2016
Rawat Kulit demi Wajah Sehat


Profesi kadang kala menuntut wanita menggunakan make up dalam waktu yang lama dan dalam intensitas yang sering. Tentu saja, pemakaian make up seperti ini akan menimbulkan problem tersendiri bagi kulit wajah.

“Pemakaian make up yang tebal mengakibatkan kulit wajah sulit untuk ‘bernafas’,” ujar Dokter Sultan Agung Skin Center dr. Hesti WK, Sp.KK. Wanita yang suka ber-make up disarankan segera membersihkan wajah dengan pembersih baik berupa krim maupun sabun. Selanjutnya dokter yang memiliki hobi memasak menyarankan agar menggunakan toner untuk menyegarkan kulit wajah.

Memilih kosmetika untuk membersihkan kulit wajah harus bijak. Konsumen tidak boleh asalasalan membeli kosmetika dengan alasan harga yang terjangkau. Patokan paling sederhana untuk membeli kosmetik ini adalah pembersih kulit wajah yang sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Wanita yang rajin mengenakan make up bisa merawat wajah dengan facial secara berkala. “Facial memungkinkan mengangkat kotoran dan komedo yang tidak bisa dibersihkan dengan cara biasa. Wajah akan kembali bersih,” ucapnya. Facial bisa dilakukan di klinik, salon atau skin care.

Selain menjaga kebersihan kulit wajah, sebaiknya juga menjaga pola gizi yang seimbang. Makanan yang mengandung4sehat5sempurna. “Konsumsi makanan berserat, buah-buahan, minum air putih yang cukup agar kulit wajah akan tetap sehat,” ujarnya. Sementaraairputihakanmemberikanbanyakmanfaat, termasuk kesehatan kulit. Di antaranya meningkatkan energi tubuh, detoksifikasi alami, mengontrol berat badan, awetmuda, melancarkanpencernaandanmasihbanyaklainnya.

Air putih juga membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh melalui urine. Konsumsi air putih yang disarankan sebanyak 2—3 liter dalam satu hari. Membersihkan wajah tidak hanya dilakukan setelkah mengenakan make up. Sebelum memoleskan kosmetika, wajah dalam keadaan bersih.

Beauty Promotor Wardah Beauty House (WBH) Semarang Pariyanti mengatakan membersihkan wajah harus bertahap agar kotoran yang menempel terangkat sempurna. “Pembersih, penyegar baru dioleskanalasbedakdanpelembab. Pilihan pelembab menyesuaikan kondisi kesehatan kulit.

Setelah langkah-langkah inidilakukanbisa dimulai riasan wajah,” ucapnya. Setiap jenis kulit membutuhkan penanganan dan kosmetika berbeda. Perawatan kulit rutin dilakukan agar kulit sehat tetap terjaga meski tergerus usia.

Hendrati hapsari

Berita Lainnya...