Edisi 07-02-2016
Jembatan Antapheulang Ambrol


CIAMIS - Curah hujan yang tinggi mengguyur Kabupaten Ciamis Sabtu (6/2) dini hari mengakibatkan Jembatan An - tap heulang yang terletak di Dusun Cibodas, Desa Kujang, Kecamatan Cikoneng, Kabupa - ten Ciamis, ambrol.

Ambrolnya jembatan yang mem bentang di atas sungai Ci - reong itu memakan korban. Salah seorang warga sekitar Hi - dir Mustofa, 40, terjatuh saat se dang mengendari sepeda mo - tornya lantaran tidak m - engetahui jembatan yang di - laluinya itu telah ambrol, Hidir me ngalami luka sobek di ka - kinya sampai harus dijahit se - banyak 4 jahitan.

Jembatan tersebut ber status sebagai jalan kabupaten yang menghubungkan tiga desa yak ni Desa Kujang, Desa Dar macaang dan Desa Cimari serta ak ses jalan alternatif wilayah uta ra menuju Kecamatan Ka wali. Juga merupakan jalur ang kutan 014 Sindangkasih-Dar macaang.

“Ambrolnya sekitar pukul 03.30 karena terdengar ge mu - ruh suaranya, semalaman hu - jan turun air sungai cukup de - ras, juga jembatan ini sudah sa - ngat lama belum diganti jadi wa - jar bila sekarang ambrol, karena fakt or usia,” ujar Osan, 50, war - ga sekitar yang rumahnya tidak jauh dari jembatan. Kata dia, pada tahun 2010 jem batan yang usianya sudah pu luhan tahun itu sempat am - brol, namun hanya di satu sisi sa ja sehingga perbaikan juga se - batas yang ambrolnya saja.

Se - dang kan bagian lainnya tidak di perbaiki, sempat jembatan itu di juluki sebagai jembatan ‘sabeulah’. “Untuk sementara masih bi - sa dilewati oleh sepeda motor dan mobil kecil, bagian yang am - brol dihalangi pakai bambu dan drum, tapi kalau tidak segera di - perbaiki jembatan bisa ter - putus, sebaiknya untuk mobil be sar harus memutar saja, me - mang jadi cukup jauh,” ung kap dia.

Sementara itu, Kepala Desa Ku jang Ivan Abdul Jalal me nga - takan ambrolnya jembatan ka - rena faktor usia, terlebih di tam - bah sekarang musim hujan se - hingga jembatan langsung jebol aki bat derasnya sungai terusan Ci reong. “Kami akan segera me la por - kan nya kepada Pemerintah Dae rah Ciamis.

Tapi dulu juga su dah pernah diajukan saat ba - gian sebelahnya ambrol, hanya te realisasi sebelah saja, semoga pem da secepatnya mem per - baiki dan tolong diperhatikan. Ka rena jalan ini hidup, peng - hubung tiga desa dan tembus ke Ke camatan Kawali,” bebernya. Sementara waktu, pihak des a bersama Masyarakat akan me lakukan musyawarah untuk mem perbaiki jembatan se - mentara.

Dadang hermanyah

Berita Lainnya...