Edisi 07-02-2016
Disbudpar Gelar Lomba Melukis untuk Anak-anak


MEDAN– Ratusan anak usia 6–12 tahun dengan penuh ceria mengikuti lomba lukis yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Minggu (6/3). Lomba lukis bertemakan “Tahun Kunjungan Museum” itu bertujuan untuk merangsang kreativitas seni anakanak sekaligus sebagai upaya mengajak anak-anak agar lebih peduli terhadap budaya bangsa dengan semakin sering berkunjung ke museum. Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Medan Fahmi L Harahap selaku ketua panitia pelaksana menyebutkan, lomba ini diikuti sekitar 200 anak usia 6–12 tahun.

Tujuan digelarnya lomba ini untuk mengarahkan anak kepada hal-hal positif. Selain itu, untuk membekali anak dengan pengetahuan dan pemahaman tentang sejarah dan kekayaan budaya bangsa. “Lomba ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kecintaan akan budaya bangsa, sekaligus mengasah dan meningkatkan kreativitas anak bangsa,” ujarnya. Sementara itu, Pelaksana Tugas Kadisbudpar Kota Medan Hasan Basri mengungkapkan, pemerintah telah menetapkan Medan sebagai 20 daerah tujuan wisata yang menarik di Indonesia.

Hal ini wajar mengingat Medan sebagai kota tua menyimpan warisan sejarah dan budaya yang punya daya tarik, seperti bangunan tua, seni dan budayanya yang heterogen, serta wisata kuliner. Museum juga merupakan salah satu tujuan wisatawan datang ke sebuah daerah. Dengan mengunjungi museum, wisatawan dapat mengenali keunggulan maupun keunikan dari sebuah daerah. Sebuah kewajaran jika lomba lukis ini mengusung tema “Tahun Kunjungan Museum 2016”.


“Saya berharap dengan lomba ini dapat meningkatkan kunjungan ke museum. Sekaligus mengedukasi masyarakat akan nilai sejarah dan budaya sertameningkatkankreativitas anak bangsa,” kata Hasan. Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan ini berpesan kepada dewan juri agar objektif memberikan penilaian. Selain itu, juri tidak hanya terfokus kepada hasil, namun juga kepada proses. ● reza shahab

Berita Lainnya...