Edisi 07-02-2016
IWAPI DIY Siap Berdayakan UMKM


YOGYAKARTA –Dewan Pim - pinan Daerah (DPD) Ikatan Wa nita Pengusaha Indonesia (Iwa pi) DIY siap memberda ya - kan usaha mikro, kecil, dan me nengah (UMKM) dalam meng hadapi pasar bebas ASEAN alias MEA.

Hal itu ditegaskan dalam Rakerda Iwapi DIY kemarin. Ketua DPD IWAPI DIY Mur supriyani Ambar menga - ta kan, DPD Iwapi DIY siap men jalin kerja sama dengan pe merintah maupun swasta da lam memberdayakan pel a - ku usaha kecil, khususnya yang di jalankan para ibu dan wanita.

“Itu sangat penting dalam me ningkatkan kualitas produk dan profesionalisme,” ka - ta nya saat membuka Rakerda Iwapi DIY di Ruang Pertemuan BPR Danagung Ramulti di Ka - la san, Sleman, kemarin. Istri anggota Komisi VI DPR Ambar Tjahyono ini me - nga takan, dalam menghadapi MEA dituntut peningkatan kua litas produk dan manaje - me n usaha kecil yang lebih profesional.

“Saya berharap Iwapi siap dalam menghadapi MEA, serta memberi kontribusi nyata guna membangun pengusaha mandiri,” katanya. Dia menegaskan, Iwapi DIY harus meningkatkan kiprah dan peran konkretnya dalam bagi penguatan wanita pengu - saha di provinsi ini.

“Hal ini pen ting agar ibu-ibu dan para wa nita mampu memberikan tam bahan penghasilan untuk keluarga,” ujar Mursupriyani. Di bagian lain, Dinas Ko pe - rasi dan UKM DIY mencatat, sampai akhir Desember 2015, total jumlah UMKM di DIY sebanyak 137.267 unit. “Me re - ka menjadi motor pengge rak perekonomian DIY,” kata Ka - bid UKM Dinas Koperasi dan UKM DIY Sultoni Nur Rifai.

Ridwan anshori

Berita Lainnya...