Edisi 07-02-2016
Objek Wisata Mulai Dipadati Wisatawan


YOGYAKARTA – Memasuki libur pan jang akhir pe - kan dan Hari Raya Imlek membuat se - jumlah lokasi wisata dipenuhi wisata - wan. Untuk me - ngan tisipasi kepadatan lalu lintas, po - lisi menge rahkan per sonel tambahan di bebe rapa titik.

Berdasarkan pantauan KORAN SINDO YOGYA, kondisi lalu lintas di Jalan Malioboro maupun ring satu kawasan itu, terpantau padat merayap. Kepadatan lalu lintas de - ngan banyaknya kendaraan, ba - ik berpelat nomor DIY dan sekitarnya maupun daerah lain se - perti Jakarta, mulai tampak se - jak kemarin siang.

Antrean pan - jang terlihat di beberapa sim - pang jalan, di ring dua ka wasan Malioboro. Meski begitu, arus lalu lintas tetap lancar. Di sepanjang jalan menuju destinasi wisata utama Malioboro, tidak terlihat ada - nya pengalihan arus lalu lintas. Kantong parkir yang tersebar di beberapa titik belum semuanya termanfaatkan.

Salah satunya TKP Abu Bakar Ali. Hingga Sabtu sore, TKP ABA jus tru terlihat lengang. Tidak ter lihat bus yang terparkir di lantai bawah maupun kenda ra - an roda dua yang diparkir di lantai dua dan tiga tempat parkir portable yang dibangun dengan dana keistimewaan tersebut. Sementara di sepanjang Ja - lan malioboro, lalu lintas juga ter lihat lancar. Laju kendaraan se se kali terhenti saat ada pe - nye berang jalan yang melintas di luar zebra cross.

Di sisi kiri ja - lan, lokasi parkir sangat padat. Personel Kasat Lantas Pol - resta Yogyakarta Kompol Su gi - yanta mengatakan, pi hak nya sudah melakukan antisipa si untuk menyambut lonjakan pengunjung saat libur panjang Imlek kali ini. selain menyiapkan personel untuk operasional ditambah staf, pihaknya juga menyiapkan 1/3 kekuatan.

Kekuatan tambahan ini disiapkan untuk membantu membackup personel di lapangan. “Tapi sejauh ini semuanya berjalan lancar, tidak ada yang begitu mencolok dan kami tidak memberlakukan buka tutup jalan maupun pengalihan arus,” katanya. Dia menambahkan, pene - bal an kekuatan juga dilakukan karena ada beberapa kegiatan di wilayah Kota Yogyakarta yang akan menarik massa.

Sehingga ke kuatan dengan kendaraan ba ik mobil maupun motor disiagakan untuk mengantisipasi se - gala kemungkinan. “Kita siagakan sampai liburan berakhir. Pada Senin mendatang, walau pun tidak ada kegiatan kami tetap siaga dan anggota semuanya masuk pulul 08.00 WIB pagi,” katanya. Sementara itu, di Magelang sejumlah wisatawan mulai me - ma suki beberapa lokasi wisata.

Can di Borobudur masih diandalkan menjadi salah satu tu ju - an wisatawan. Selain me nik ma - ti keindahan bangunan peninggalan wangsa syalendra tersebut, pengunjung bisa meni k - ma ti kereta kelinci dan naik ga - jah. Kemudian, pengunjung bi - sa menikmati paket sunrise di Candi Borobudur.

Dinas Pariwisata dan Ke bu - dayaan Kabupaten Magelang bah kan sudah menyiapkan rencana untuk menghibur wisata - wan dengan menggelar pentas kesenian. Saat ini, dinas sedang melakukan inventarisasi jenis kesenian yang berada di sekitar Candi Borobudur. Iventarisasi jenis kesenian tersebut dipersiapkan jika setiap saat diminta pentas menghibur pengunjung di Candi Borobudur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan, pe merintah telah membentuk Badan Otorita Borobudur yang bertujuan untuk mening kat - kan kunjungan wisatawan.

Sodik /eko susanto

Berita Lainnya...